Kamis 17 Jun 2021 18:02 WIB

NASA Persiapkan Misi Kirim Boneka Manusia ke Bulan

NASA mengirim boneka manusia sebagai awalan misi Artemis.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Setelan baju astronaut untuk misi Artemis 2024.
Foto: ap
Setelan baju astronaut untuk misi Artemis 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON — Badan Antariksa Amerika (NASA) sedang mempersiapkan misi terbaru untuk mengirim manusia ke Bulan. Sebagai awalan, NASA akan mengirimkan boneka manusia. NASA akan mengirimkan boneka manusia di atas roket roket Space Launch System (SLS) dan pesawat ruang angkasa Orion untuk mengujinya.

Selama ini, NASA sering menggunakan manusia dalam skenario pelatihan, seperti menguji apakah astronaut mampu melakukan intervensi medis darurat. Namun, manusia pengganti atau dijuluki sebagai Moonkin bukanlah satu-satunya yang ikut dalam misi ini.

Baca Juga

Di pesawat ruang angkasa NASA, juga akan terdapat dua model anatomi yang dikenal sebagai phantom torsos. Dua model itu diberi nama Helga dan Zohar.

Keduanya akan duduk di bagian bawah pesawat ruang angkasa dan akan mengambil bagian dalam Eksperimen Radiasi AstroRad Matroshka (MARE). Tujuannya untuk mengukur radiasi ruang angkasa yang dapat dialami astronaut dalam misi bulan, serta menguji kegunaan rompi AstroRad.

Rompi AstroRad dirancang untuk menjadi alat pelindung diri untuk melindungi astronaut dari paparan radiasi luar angkasa di luar magnetosfer Bumi. Rompi ini telah dikirim ke Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk studi Evaluasi Garmen Radiasi AstroRad (CHARGE) Faktor Kenyamanan dan Manusia untuk menguji rompi di lingkungan gayaberat mikro. Studi ini akan membantu meningkatkan kecocokan dan fungsi rompi yang dibuat oleh perusahaan StemRad.

Kedua tes sedang dilakukan oleh NASA dalam kemitraan dengan Badan Antariksa Israel (ISA). Misi ini juga akan melihat AstoRad sebagai komponen penting untuk rencana eksplorasi ruang angkasa NASA pada masa depan.

Nah, untuk Moonkin saat ini belum memiliki nama. NASA mengadakan sayembara melalui media sosial Twitter, Facebook, dan Instagram agar orang-orang dapat memilih dari sejumlah nama.

Kandidat nama yang diusulkan, yaitu ACE yang merupakan singkatan dari Artemis Crew Explorer, Campos didedikasikan untuk Arturo Campos yang membantu membawa pulang Apollo 13. Selanjutnya Delos, pulau tempat Artemis dikatakan dilahirkan.

Selanjutnya, Duhart, dinamai menurut kepala petugas medis Kennedy Space Center Irene Duhart. Rigel, dinamai untuk superstar raksasa di konstelasi Orion. Shackleton, referensi ke kawah di kutub selatan Bulan dan setelah penjelajah Antartika yang terkenal, dan Wargo, penghargaan untuk kepala ilmuwan eksplorasi pertama NASA Michael Wargo. Bagaimana, nama apa yang paling menarik?

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement