Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Ahli Gizi Bagikan Tips Makan Sehat Terbaik

Kamis 17 Jun 2021 16:47 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Sayuran  (ilustrasi)

Sayuran (ilustrasi)

Foto: Republika/Prayogi
Makan lebih banyak sayur dan buah baik untuk jantung dan mnegurangi penyakit kronis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang setiap orang bingung harus memulai dari mana ketika ingin beralih ke gaya hidup sehat. Nasihat terhadap nutrisi makanan bisa sangat banyak dan membingungkan. Ahli Gizi, Lisa Valente, menyusun lima tips sederhana untuk membantu Anda makan lebih sehat.

1. Makan lebih banyak buah dan sayuran

Seperti dilansir di laman Yahoo Lifestyle baru-baru ini, dia mengatakan sebagian besar orang tidak makan cukup buah dan sayuran. Makan lebih banyak makanan tersebut baik untuk jantung, membantu mengurangi risiko penyakit kronis, meningkatkan asupan vitamin, mineral, dan antioksidan Anda.

Terkait buah, masih ada segelintir orang yang mempertanyakannya, terutama tentang kandungan gula alami yang terkandung di dalamnya. Penelitian terbaru mengaitkan makan buah dengan menurunkan risiko terkena diabetes.

2. Buat makanan dan camilan yang lebih memuaskan

Tambahkan protein, serat, dan lemak sehat pada makanan dan camilan Anda. Ketiga nutrisi tersebut merupakan tim yang super memuaskan. 

Mereka semua membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Protein ditemukan dalam daging, makanan laut, keju, kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan kedelai. 

Sementara serat ada dalam biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan biji-bijian. Lemak sehat ada dalam alpukat, minyak zaitun dan minyak nabati lainnya, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan berlemak. 

3. Minum air

Pastikan Anda minum cukup air. Air memainkan peran penting dalam tubuh. Status hidrasi dapat memengaruhi suasana hati, jantung, otak, kulit, dan persendian.

Pantau juga warna urine Anda. Pastikan warnanya kuning muda. Jika gelap, itu berarti Anda perlu lebih banyak minum. 

4. Rencanakan 

Rencanakan apa yang akan Anda masak dalam sepekan. Apabila tanpa rencana, kemungkinan besar Anda akan meraih makanan apapun untuk disantap.

"Setidaknya buat tiga makan malam yang direncanakan, Anda bisa sedikit fleksibel dengan hari lainnya," ujar Valente.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA