Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Jangan Anggap Remeh Obesitas, Kenali Tanda-tandanya

Jumat 18 Jun 2021 00:58 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Penambahan berat badan (Ilustrasi). Ada beragam kondisi yang bisa menjadi tanda dari obesitas yang penting diketahui agar Anda dapat melakukan penanggulangan dini.

Penambahan berat badan (Ilustrasi). Ada beragam kondisi yang bisa menjadi tanda dari obesitas yang penting diketahui agar Anda dapat melakukan penanggulangan dini.

Foto: www.freepik.com
Ada enam tanda obesitas yang perlu diwaspadai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Obesitas menghantui setiap individu utamanya ‘kaum rebahan’ di tengah pandemi Covid-19, mengingat aktivitas fisik yang kian minim lantaran pembatasan sosial dan pola makan yang berantakan. Obesitas tidak bisa dipandang remeh karena itu bisa memicu banyak risiko penyakit serius, seperti penyakit kardiovaskuler, strok, dan diabetes tipe 2.

Ada beragam kondisi yang bisa menjadi tanda dari obesitas yang penting diketahui agar Anda dapat melakukan penanggulangan dini. Apa saja tandanya? Berikut penjelasannya, seperti dilansir Eat This, Kamis (17/6).

1. Pakaian kian sempit
Pakaian atau celana Anda semakin sempit dan sulit untuk dikancingkan? Sebelum mempertimbangkan untuk membeli baju baru, ada baiknya Anda berpikir untuk berkonsultasi ke dokter untuk menghindari beberapa kondisi serius.

2. Alami pembengkakan pada pergelangan kaki dan lutut
Peningkatan berat badan dapat memberi tekanan pada sistem vena yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh, tak terkecuali kaki. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan pembuluh darah tersebut tidak bekerja dengan baik, sehingga menyebabkan pembengkakan dan masalah lain pada ekstremitas ini.

"Orang dengan obesitas cenderung memiliki varises atau gumpalan darah. Mereka mungkin menahan cairan karena tekanan darah tinggi. Itu bahkan bisa menjadi tanda awal gagal jantung,” kata Direktur Maryland Bariatric Center di Mercy Hospital Baltimore, Kuldeep Singh.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA