Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Tak Selalu Negatif, Gadget Bisa Tumbuhkan Kreativitas Anak

Kamis 17 Jun 2021 14:42 WIB

Red: Nora Azizah

Gadget bisa tumbuhkan kreativitas anak asalkan penggunaannya diawasi orang tua.

Gadget bisa tumbuhkan kreativitas anak asalkan penggunaannya diawasi orang tua.

Foto: www.freepik.com.
Gadget bisa tumbuhkan kreativitas anak asalkan penggunaannya diawasi orang tua.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog klinis anak, remaja dan keluarga, Roslina Verauli MPsi, Psi, mengatakan, penggunaan gadget bisa menumbuhkan kreativitas anak. Namun dengan catatan harus dengan pengawasan dan bimbingan orang tua.

Menurut dia, peran orang tua dalam membimbing anak dan mengenalkan gadget memang sangat penting. Orang tua harus memahami aturan saat mengenalkan gadget,tergantung dari kelompok usia anak itu sendiri.

Baca Juga

"Peran orang tua sangat penting saat anak bermain gadget. Tiap tahap usia punya tujuan dan batasan yang beda-beda. Anak-anak usia 2, 3, 4, dan 5 tahun ke atas itu berbeda cara penanganannya," kata Rosliana Verauli dalam peluncuran Huawei MetaPad T10 Kids Edition, Rabu (16/6).

Jadi, untuk mengenalkan anak terhadap gadget tidaklah selalu merugikan anak itu sendiri. Ia menjelaskan, ada riset yang menggambarkan bahwa gadget dapat memberikan pertumbuhan yang baik terhadap anak, jika menggunakannya dengan baik. Ia menjelaskan, untuk anak usia dua tahun, orang tua harus berhati-hati dan memberikan aturan waktu yang ketat.

"Tahap usia dua tahun pertama itu orang tua harus mendampingi dan manfaat menggunakan gadget itu adalah melatih sensor motorik skill. Misal, dalam bermain warna, bentuk dan juga musik," kata dia.

Dalam tahap selanjutnya, pada anak usia 3-5 tahun, gunakan gadgetuntuktahap prapembelajaran, misalnya mengenal gambar dan cerita, juga memberikan aspek hiburan untuk anak pada usia itu. Sedangkan diusia 5-6 tahun, gadget dapat berperan sebagai alat belajar, misalnya membaca dan berkomunikasi.

"Untuk pengaturan jam itu semakimal mungkin dalam sehari anak dapat bermain dalam waktu satu jam yang bisa dibagi-bagi sesuai ketentuan dari orang tua," tutup dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA