Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Ini Ciri Anda Alami Serangan Jantung Saat Berolahraga

Kamis 17 Jun 2021 13:37 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Berolahraga di tempat kebugaran. Dokter spesialis jantung menyebut semua jenis olahraga dapat memicu serangan jantung, terutama high intensity training.

Berolahraga di tempat kebugaran. Dokter spesialis jantung menyebut semua jenis olahraga dapat memicu serangan jantung, terutama high intensity training.

Foto: ANTARA
Dokter spesialis menyebut olahraga high intensity bisa memicu serangan jantung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atlet kebanggan Indonesia, Markis Kido, telah tiada. Markis Kido tidak sadarkan diri di tengah bermain bulu tangkis dan informasi yang beredar penyebab wafatnya Markis Kido adalah karena jantung. Apa saja tanda seseorang alami serangan jantung saat berolahraga? Olahraga apa saja yang memicu serangan jantung?

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital Makassar, dr. Darwin Maulana, Sp.JP, menjelaskan ciri-ciri seseorang yang mengalami serangan jantung pada saat berolahraga adalah dada terasa tertekan, berat, hingga akhirnya dirasakan nyeri hebat yang mungkin berlangsung lebih dari 20 menit. Ciri lainnya adalah keringat dingin tiba-tiba dengan intensitas keringat yang berlebih hingga membasahi baju.

Baca Juga

Selain itu, terdapat rasa tidak enak dalam tubuh, pandangan menjadi kabur, hingga pingsan. Ada pula gejala berdebar, hingga kejang pada tubuh.

Anda juga bisa alami sesak nafas tiba-tiba. Terkadang nyeri ulu hati yang menjalar hingga ke dada ataupun tembus ke punggung, padahal tidak ada riwayat sakit lambung sebelumnya.

“Ciri-ciri serangan jantung akan sama, baik pada saat berolahraga maupun saat beristirahat. Jika serangan jantung terjadi pada saat istirahat, penyakit jantung koroner yang diderita kemungkinan besar lebih berat, sumbatan koroner yang terjadi bisa lebih dari 1 tempat, ataupun lokasi sumbatan berada di pangkal pembuluh darah koroner,” ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA