Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Marcelo akan Jadi Kapten Asing Madrid Pertama Sejak 1904

Kamis 17 Jun 2021 13:05 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Reaksi Marcelo dari Real Madrid saat pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Real Madrid melawan Sevilla di stadion Alfredo di Stefano di Madrid, Spanyol, Minggu, 9 Mei 2021.

Reaksi Marcelo dari Real Madrid saat pertandingan sepak bola La Liga Spanyol antara Real Madrid melawan Sevilla di stadion Alfredo di Stefano di Madrid, Spanyol, Minggu, 9 Mei 2021.

Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Marcelo sudah 15 tahun berada di Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Sergio Ramos sudah resmi meninggalkan Real Madrid. Selesai sudah kebersamaan mereka selama 16 tahun.

Fakta demikian membuat posisi ban kapten utama El Real berpindah lengan. Marcelo da Silva berpotensi naik kelas.

"Marcelo akan menjadi kapten (pemain) asing pertama di klub tersebut, sejak 1904," demikian laporan yang dikutip dari Marca, Kamis (17/6).

Terakhir kali pemain dari luar Spanyol yang menjadi pemimpin Los Blancos bernama Federico Revuelto. Sosok berkebangsaan Guatemala itu menjadi kapten si putih, sekitar 117 tahun lalu.

Setelahnya, selalu produk lokal yang menjadi orang nomor satu di kamar ganti El Real. Sebenarnya ini berdasarkan tradisi.

"Di Real Madrid, jabatan kapten diberikan kepada pemain yang paling lama berada di tim utama," tambah laporan dari Marca.

Itulah mengapa Marcelo diprediksi bakal menggantikan Ramos. Pasalnya, ia sudah berada di Madrid selama 15 tahun.

Pada masa lalu, Jose Mourinho pernah mengkritisi tradisi ini. Saat ia melatih Madrid, Iker Casillas menjadi kapten.

Ia ingin pemain luar yang memimpin El Real asuhannya. Namun Mou sendiri tak bisa menghapus kebiasaan yang sudah berlangsung lama.

Kembali ke Marcelo. Pada musim depan, ia tidak selalu menjadi pemain inti.

Tetap saja, sosok dari luar Spanyol yang bakal memimpin El Real, jika Marcelo di bangku cadangan. Adalah Karim Benzema yang bakal mengenakan ban kapten.

Apa pun itu, mereka memiliki tanggung jawab meneruskan catatan positif Ramos. Sejak mengambil alih ban kapten dari Casillas, sang bek mempersembahkan 12 trofi untuk si putih.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA