Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

7 Tanda Anda Sehat Walau Sedikit Kelebihan Berat Badan

Kamis 17 Jun 2021 12:34 WIB

Rep: Haura Hafizhah / Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Seorang siswa berlatih fitness atau kebugaran dikelilingi oleh lembaran plastik untuk memastikan jarak sosial di pusat kebugaran. Ahli kesehatan ingatkan bugar dan aktif lebih penting dari sedikit kelebihan berat

Seorang siswa berlatih fitness atau kebugaran dikelilingi oleh lembaran plastik untuk memastikan jarak sosial di pusat kebugaran. Ahli kesehatan ingatkan bugar dan aktif lebih penting dari sedikit kelebihan berat

Foto: EPA-EFE / ETIENNE LAURENT
Ahli kesehatan ingatkan bugar dan aktif lebih penting dari sedikit kelebihan berat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Saat ini angka indeks massa tubuh atau Body Mass Index (BMI) masih digunakan secara teratur oleh para profesional medis untuk menentukan apakah seseorang memiliki jumlah lemak tubuh yang sehat atau tidak. Namun, faktanya banyak orang yang dianggap dalam kisaran BMI "normal" ternyata tidak sehat berdasarkan faktor lain.

Dilansir dari insider.com pada Rabu (16/6), BMI melewatkan faktor-faktor penting seperti riwayat keluarga, genetika, gaya hidup, usia, jenis kelamin dan massa otot ketika mempertimbangkan kesehatan seseorang secara keseluruhan dan risiko mereka terkena penyakit. 

Sehingga dalam hal ini ada tujuh tanda bahwa Anda benar-benar sehat, bahkan jika BMI Anda mengatakan Anda memiliki kelebihan berat badan atau obesitas yaitu: 

1.Perhitungan BMI 

Indeks massa tubuh adalah perhitungan tinggi dan berat badan yang digunakan untuk menyaring orang untuk obesitas dan kelebihan berat badan.

Rumus untuk BMI berat dalam kilogram dibagi dengan kuadrat tinggi dalam meter ditemukan pada awal abad ke-19 sebagai pengukuran obesitas yang mudah pada populasi umum dan tidak harus untuk kegemukan individu.

2.Lingkar Pinggang Anda Kurang dari 35 hingga 40 Inci

Ukuran pinggang sebenarnya bisa menjadi salah satu faktor terpenting dalam mengukur kesehatan seseorang secara keseluruhan. Anda mungkin memiliki BMI yang tinggi, tetapi jika lingkar pinggang Anda di bawah 35 inci sebagai wanita dan 40 inci sebagai pria, Anda cenderung memiliki berat badan yang lebih sehat.

"Lingkar pinggang lebih besar dari 35 inci pada wanita dan lebih besar dari 40 inci pada pria tidak hanya dapat menentukan status kelebihan berat badan tetapi juga menentukan kesehatan seseorang," kata Ahli Diet Michelle Routhenstein.

Lingkar pinggang di atas angka-angka ini menunjukkan lemak perut yang berlebihan, sejenis lemak berbahaya di sekitar organ vital, yang meningkatkan risiko seseorang diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan sindrom metabolik.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA