Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Saturday, 14 Zulhijjah 1442 / 24 July 2021

Terlambat Haid? Mungkin Anda sedang Alami Ini

Kamis 17 Jun 2021 12:08 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Penyebab terlambat haid (ilustrasi)

Penyebab terlambat haid (ilustrasi)

Foto: republika
Penurunan berat badan ekstrem bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Haid yang terlambat adalah masalah umum yang dihadapi oleh banyak wanita saat ini. Obat-obatan, stres, hingga fluktuasi berat badan dapat memiliki pengaruh pada tubuh tanpa seseorang menyadarinya. 

Bagi banyak orang, pemicunya bisa karena pola tidur atau kebiasaan makan. Haid dikendalikan hipotalamus di otak, dan dapat dipengaruhi fungsi gaya hidup seperti makan, tidur, dan olahraga. Dilansir di Swirlster.ndtv.com pada Kamis (17/6), berikut lima alasan yang mungkin menjadi penyebab telat haid:

1. Stres ekstrem

Kondisi saat ini bisa menyebabkan stres ekstrem dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu jadwal WFH (kerja dari rumah) yang melelahkan, atau stres yang disebabkan karena alasan lain seperti kekhawatiran terhadap keluarga bisa menjadi alasan utama keterlambatan menstruasi. 

Stres yang berlebihan mempengaruhi hipotalamus, bagian otak yang bertanggung jawab melepaskan hormon. Ketika ovulasi tidak terjadi tepat waktu, ada kemungkinan besar menstruasi terlambat karena fakta ini.

2. Penurunan berat badan tiba-tiba

Penurunan berat badan dapat mengurangi risiko penyakit, tetapi bila dilakukan dalam rentang waktu singkat, dapat menyebabkan terlambat haid. Jika Anda tiba-tiba kehilangan banyak berat badan dalam waktu singkat, maka ada kemungkinan itu bisa menjadi alasan yang memungkinkan untuk periode menstruasi terlambat. Penurunan berat badan dapat dianggap sebagai stres fisik, yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan menstruasi terlambat.

3. Latihan Intensif

Berolahraga baik untuk membuat Anda tetap bugar. Namun, latihan yang keras dapat menyebabkan periode terlambat. 

Menstruasi terlambat adalah masalah umum yang dialami para atlet. Olahraga memiliki efek yang sama seperti stres pada tubuh ketika periode terlambat. Terlalu banyak berolahraga berarti membakar kalori berlebihan dan kemudian tidak cukup makan untuk menambahnya. Dalam hal ini, tubuh dapat masuk ke mode bertahan hidup dan karenanya periode terlambat dapat disebabkan karena hal ini.

4. Jadwal tidur terganggu

Tidur nyenyak menyebabkan pikiran segar dan suasana hati baik. Tidak hanya itu, pola tidur yang baik juga membantu fungsi tubuh secara teratur dan tepat. Siklus tidur yang kacau juga bisa menjadi penyebab periode tertunda.

5. Pil KB

Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan efek samping. Pil KB dapat menjadi penyebab utama keterlambatan menstruasi Anda. Konsumsi pil ini secara sering dapat mengganggu siklus Anda, dan mungkin perlu beberapa bulan untuk kembali normal. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA