Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Pemkot Tangerang Optimalkan 32 RS Percepat Vaksinasi Warga

Kamis 17 Jun 2021 11:41 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah.

Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah.

Foto: Dok Pemkot Tangerang
Arief menargetkan Kota Tangerang bisa memvaksinasi Covid 15 ribu orang per hari.

REPUBLIKA.CO.ID,TANGERANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan mengoptimalkan 32 rumah sakit dan 38 puskesmas untuk mempercepat vaksinasi sebanyak 15 ribu orang per hari. Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah menjelaskan, hal itu guna mencapai target pemerintah pusat 1 juta vaksin tingkat nasional per hari.

"Artinya jika kita mengejar target 70 persen warga Kota Tangerang yang harus divaksinasi Covid-19, asumsinya kalau dengan menargetkan 10 ribu orang per harinya bisa selesai di bulan November 2021. Kita usahakan target tersebut menjadi 15 ribu per hari untuk mempercepat sehingga bisa selesai pada September 2021," kata Arief di Kota Tangerang, Provinsi Banten, Rabu (16/6).

Dia menjelaskan, di Kota Tangerang, sampai saat ini telah dilakukan vaksinasi kepada 170 ribu warga. Arief mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi bersama Wakil Wali Kota Sachrudin serta Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman, serta Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang Rina Hernaningsih.

Rapat digelar dengan agenda pemetaan penanganan Covid-19 melalui vaksinasi di Kota Tangerang. Arief menerangkan, sesuai dengan arahan Wakil Presiden KHMa'ruf Amin jika Indonesia mengejar target 1 juta vaksin per hari bagi warga Indonesia untuk mempercepat terbentuknya herd immunity atau kekebalan tubuh dalam skala besar.

Untuk melaksanakan vaksinasi tersebut Pemkot Tangerang harus memaksimalkan puskesmas dan rumah sakit. Selain itu, juga mengimbau rumah sakit untuk menambah kapasitas tempat tidur sebanyak 20 persen.

"Dengan mengerahkan seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Kota Tangerang, mudah-mudahan dapat memaksimalkan proses vaksinasi dan secara pararel kita juga bisa melaksanakan testing dan tracing sebagai upaya penanganan Covid-19 di Kota Tangerang," ujar Arief

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA