Kamis 17 Jun 2021 11:29 WIB

Prodi Sistem Informasi Hadirkan BTS Lewat Webinar

Business intelligence (BI) bisa jadi peluang dalam menciptakan bisnis.

Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar webinar Opportunities of Business Intelligence in Digital Era, Rabu  (16/6).
Foto: Dok UNM
Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar webinar Opportunities of Business Intelligence in Digital Era, Rabu (16/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Prodi (program studi) Sistem Informasi (SI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) Beri Tips Sukses  (BTS) melalui webinar dengan tema ‘Opportunities of Business Intelligence in Digital Era’. Kegiatan telah terlaksana pada Rabu  (16/6), pukul 10.00 sampai 12.00 WIB. 

Kegiatan diikuti oleh mahasiswa/i dari prodi Sistem Informasi, rekan-rekan dosen dan peserta umum. Webinar menghadirkan narasumber Dr  Muhammad Haris, seorang AI research Manager @BukaLapak dan juga dosen pascasarjana prodi Ilmu Komputer UNM.

Muhammad Haris mengatakan business intelligence atau biasa disebut BI mencakup teknologi, aplikasi maupun strategi dan praktis dalam rangka mengumpulkan, menganalisis, mengintegrasi, dan menyampaikan sebuah informasi bisnis yang relevan.

“Untuk bisa berkecimpung di bidang BI butuh beberapa skill yang harus dikuasai. Skill tersebut mencakup  critical thinking (mengetahui apa yang harus dilakukan/data yang digali), business understanding (harus paham term-term bisnis yang digunakan), math and statistic (analisis yang dilakukan terkait matematik dan statistik probability), technology tools dan soft skills,” ujar Haris saat menyampaikan materinya, Rabu (16/6) seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Sementara itu, Sukmawati Anggraeni Putri selaku kaprodi Sistem Informasi UNM mengatakan,  kegiatan ini selain sebagai kegiatan wajib untuk mahasiswa, juga dimaksudkan untuk memberikan tambahan ilmu pengetahuan di luar materi yang diajarkan di dalam kelas.

"Business intelligence  (BI) bisa menjadi peluang dalam menciptakan bisnis," katanya.

Ia berharap, dengan webinar ini peserta dapat terbuka wawasannya tentang BI dan luasnya pekerjaan di bidang BI. Karena,  saat ini perkembangan teknologi di era digital  sangat pesat. 

“Silahkan manfaatkan kesempatan ini dengan baik dan mengambil ilmu-ilmu dari ahlinya secara langsung, dan tetap bersemangat untuk mempelajari ilmu pengetahuan yang sedang tren  saat ini,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement