Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Makanan Ini Sering Diklaim Sehat, Benarkah?

Kamis 17 Jun 2021 10:58 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Makanan yang sering diklaim sehat (ilustrasi).

Makanan yang sering diklaim sehat (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Jika Anda ingin yoghurt rasa, lebih baik tambahkan sendiri madu atau buah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kegemaran beralih pada gaya hidup yang lebih sehat semakin meningkat. Dengan semakin banyaknya orang memilih makanan yang lebih sehat, maka pasar dipenuhi dengan semua jenis pilihan makanan yang ramah diet dan sehat. 

Mulai dari yoghurt rasa dan granola, soda diet, dan jus buah kemasan. Semua pilihan makanan itu populer di kalangan orang yang sadar kesehatan.

Namun, apakah makanan itu benar-benar sehat? Simak penjelasan berikut, seperti dilansir di Times of India pada Kamis (17/6):

1. Yoghurt rasa

Yoghurt rasa mungkin cocok untuk selera Anda, tetapi itu bukan pilihan yang paling sehat. Makanan penutup buah ini hadir dalam berbagai macam rasa, mulai dari stroberi, bluberi, mangga dan cokelat.

Untuk menambah rasa pada yoghurt, rasa buatan dan banyak gula ditambahkan ke produk itu. Kondisi itu membuat makanan sehat ini menjadi tidak sehat. Jika Anda ingin yoghurt rasa, tambahkan madu atau irisan buah ke dalamnya.

2. Variasi granola 

Sering kali, granola sereal atau batangan dipasarkan sebagai camilan sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Granola sendiri adalah sereal bergizi, tetapi sereal kemasan atau batangan yang dijual di pasaran dibuat dengan banyak tambahan gula.

Ini dilakukan untuk membuatnya lebih enak, tetapi gula tambahan itu membuat mereka tidak sehat. Jika Anda ingin menikmati granola, beli granola biasa dari pasar dan buat campuran sendiri dengan menambahkan beberapa kacang dan biji ke dalamnya.

3. Soda diet

Soda diet adalah pilihan favorit setiap pengamat berat badan, karena dikatakan bebas gula dan bebas kalori. Namun, apakah soda diet benar sehat untuk Anda, atau ini hanya taktik pemasaran? Soda diet adalah campuran gula buatan, aditif, dan air berkarbonasi. 

Tidak ada kandungan nutrisi di dalamnya dan dapat menyebabkan dehidrasi parah di dalam tubuh. Alih-alih gula, pemanis buatan yang disebut aspartam ditambahkan ke soda diet yang dikatakan dapat meningkatkan produksi sel-sel lemak dalam tubuh. Jadi, yang terbaik adalah menghindari semua jenis minuman soda dan manis dengan cara apa pun.

4. Jus buah kemasan

Jika Anda terbiasa minum jus buah kemasan untuk sarapan, dan berpikir bahwa itu sehat dan memberi porsi buah yang baik, maka Anda perlu mengetahui kenyataannya. Jus buah sarat dengan gula untuk membuatnya lebih enak dan pengawet untuk membuatnya bertahan lama. 

Di sisi lain, kebanyakan jus buah telah menambahkan rasa dan warna untuk memberikan penampilan yang indah. Lebih baik untuk selalu memilih jus buah segar dibandingkan yang dikemas.

5. Saus salad

Bagi mereka yang sedang diet atau mencoba makan sehat, salad adalah penyelamat utama. Sangat bergizi dan mengenyangkan, semangkuk salad adalah makanan lengkap. 

Namun, jika Anda menambahkan berbagai jenis saus ke dalamnya, berhati-hatilah, karena mungkin membuat salad Anda menjadi tidak sehat. Kebanyakan saus salad dibuat dengan mayones dan saus sejenis lainnya, yang telah ditambahkan gula dan garam. Jadi, selalu hindari menambahkan saus ke salad Anda, dan nikmati dengan cara yang paling alami. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA