Kamis 17 Jun 2021 11:15 WIB

Kiat Berkendara di Jalanan Kota Jerman

Melarikan mobil sampai 220 kilometer per jam bukan masalah di Autobahn Jerman.

Perempuan berkendara. Ilustrasi
Foto: Telegraph
Perempuan berkendara. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap negara memiliki budaya berkendara yang berbeda-beda. Begitu pula di Jerman.

Melarikan mobil sampai 220 kilometer per jam bukan masalah di Autobahn Jerman. Autobahn adalah sebuah sistem jalan bebas hambatan terkendali yang terkoordinasi secara nasional di Jerman. 

Baca Juga

Lobi industri otomotif yang kuat selama ini berhasil menolak pembatasan kecepatan seperti di negara-negara lain. Pengunjung Jerman mungkin awalnya terkejut, ketika mobil yang ditumpanginya melaju dengan kecepatan maksimal.

Jerman memiliki jaringan jalan raya yang sangat baik. Autobahn umumnya terpelihara dengan baik, dan seperti mengundang orang untuk menjelajahinya atau meluncur sekencangnya. Usia minimum untuk mendapatkan SIM di Jerman bisa didapat pada usia 17 tahun, kalau ada wali yang mendampingi. SIM reguler diberikan pada usia 18 tahun.

Saat anda berkendara, Anda perlu memperhatikan kamera batas kecepatan. Biasanya kamera ini dipasang di jalur ke luar Autobahn menuju ke pusat kota. Perangkat berbentuk kotak ini dipasang di pinggir jalan, dan sering tidak kentara dari jauh.

Kamera ini akan memotret Anda di belakang kemudi dan plat nomor mobil Anda, kalau Anda melewati batas kecepatan yang berlaku di ruas jalan itu. Tiket denda akan dikirim ke alamat pemilik mobil.

Menggunakan ponsel di tangan Anda saat mengemudi dilarang. Jika ketahuan, Anda bisa didenda sampai 100 euro dan mendapatkan penalti satu poin untuk SIM Anda. Sanksi meningkat jika Anda menyebabkan kecelakaan, dan SIM Anda mungkin dicabut untuk beberapa lama. Anda bisa menggunakan ponsel dengan car kit atau sistem hands-free pintar.

Pengguna jalan wajib membuka jalur darurat untuk kendaraan petugas, seperti ambulans dan tim penyelamat. Juga dalam situasi macet, Anda harus menyediakan jalur darurat. Aturannya: mobil paling kiri di jalan merapat ke sisi kiri, mobil yang lain merapat ke sisi kanan. Sehingga ada satu jalur terbuka yang bisa dilalui kendaraan.

Di Jerman, ada batas 0,05 persen kadar alkohol dalam darah untuk mengemudi. Di atas angka itu, Anda akan mendapat sanksi denda atau SIM Anda bisa dicabut. Kalau Anda menyebabkan kecelakaan dengan korban manusia, Anda malah bisa masuk penjara. Hukuman dimulai dengan denda 500 euro. Yang terbaik, jangan mengkonsumsi alkohol kalau Anda mengemudi kendaraan!

Pada musim dingin, kendaraan diwajibkan menggunakan ban khusus musim dingin atau ban salju. Jika Anda tidak memasang ban salju dan masih mengemudi di jalan yang licin, Anda bisa didenda dan SIM Anda bisa dicabut. Tanpa ban salju yang tepat, asuransi juga kemungkinan besar tidak mengganti biaya kalau terjadi kecelakaan.

 

sumber: https://www.dw.com/id/mobil-listrik-hasil-daur-ulang-sampah/a-57782480

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement