Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Cara Unik Desa Inggris Bandung Tingkatkan Kemampuan Bahasa

Kamis 17 Jun 2021 02:58 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Lembaga WECAMP Desa Inggris Bandung yang terletak di Kota Bandung dan Jatinangor Sumedang. Dikenal juga dengan nama Kampung Inggris Bandung dan menjadi salah satu pelopor di Provinsi Jawa Barat yang menerapkan konsep kursus Bahasa Inggris dengan sistem asrama.

Lembaga WECAMP Desa Inggris Bandung yang terletak di Kota Bandung dan Jatinangor Sumedang. Dikenal juga dengan nama Kampung Inggris Bandung dan menjadi salah satu pelopor di Provinsi Jawa Barat yang menerapkan konsep kursus Bahasa Inggris dengan sistem asrama.

Foto: istimewa
Desa Inggris Bandung jadi salah satu tempat kursus asrama terbesar di Jabar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah lulus sekolah ataupun lulus sarjana, sebagian dari kita ingin melanjutkan belajar keluar negeri. Namun jangan lupa untuk mewujudkannya, kita diwajibkan mampu berbahasa Inggris dengan baik.

Fenomena ini dimanfaatkan oleh Lembaga WECAMP Desa Inggris Bandung yang terletak di Kota Bandung dan Jatinangor Sumedang. Dikenal juga dengan nama Kampung Inggris Bandung dan menjadi salah satu pelopor di Provinsi Jawa Barat yang menerapkan konsep kursus Bahasa Inggris dengan sistem asrama. 

Direktur WECAMP Desa Inggris Bandung Ade Suyitno, MBA mengatakan bahwa kursus ini dirintis sejak 2014 dengan skala kecil rumahan berkapasitas 27 siswa perbulan. Kini, pada tahun 2021 memiliki kapasitas 300 siswa perbulan dan telah memiliki siswa dan alumni lebih dari 5.100 orang. Pada saat ini menjadi salah satu lembaga kursus dengan asrama terbesar di Jawa Barat.

Ade mengatakan ada beberapa langkah yang dilakukan Desa Inggris Bandung untuk meningkatkan peserta didik. Pertama, menurut dia, menyediakan waktu praktik bahasa yang banyak. Terutama dengan memberikan layanan kursus plus asrama peserta didik bisa belajar baik di kelas dan saat di asrama. 

"Setiap harinya siswa akan mendapatkan 7 jam kursus yang terbagi kedalam 4 sesi. Setara 140 jam total dalam sebulan. Hal akan ditambah lagi dengan praktik saat di Asrama. Jam belajar intensif yang tinggi akan membuat waktu praktik lebih banyak dan akan terjadi percepatan pengalaman belajar. Tujuan akhirnya akan meningkatkan ketrampilan Bahasa inggris siswa," ucap dia.

Kedua, pengajar berpengalaman lulusan S1 Pendidikan dan Sastra Inggris. Semua pengajar adalah pemuda usia antara 24 – 27 tahun lulusan S1 Pendidikan dan Sastra Inggris dari universitas negeri top di Indonesia seperti UPI dan UNPAD. 

Kemudian, sistem kursus dengan Asrama English Area. "Ada pepatah bisa karena terbiasa hal ini terjadi disini. Setelah belajar dari kelas siswa dapat mempraktikan kemampuan bahasa dalam kegiatan sehari-hari saat di asrama," tutur dia.

keempat, metode pembelajaran yang seru dengan berbagai fun games. Ilmu dan ketrampilan akan mudah dikuasai jika cara pembelajaran menyenangkan. Siswa tidak akan merasa jenuh karena setiap jam belajar pasti ada English games baik indoor ataupun outdoor.

Kelima, bimbingan Karier dan Persiapan Beasiswa Studi. Peserta didik akan mendapatkan ketrampilan tambahan yaitu terkait cara menghadapi interview kerja dan seleksi beasiswa studi. 

Keenam, berlatih beradaptasi dan bersosialisasi. Dengan tinggal bersama dalam 1 area asrama tentunya ini adalah keuntungan sendiri dimana bisa mendapatkan sahabat baru dari berbagai macam latar belakang Pendidikan dan budaya. 

Di asrama siswa yang baru lulus SMA bisa bertemu dengan lulusan S1 kampus negeri yang sedang kursus juga untuk persiapan S2 keluar negeri. Interaksi yang baik di asrama akan meningkatkan kemamuap beradaptasi dan bersosialisasi.

Ketujuh, bisa konsultasi gratis sebelum kursus. "Lebih dari customer service tim pemasaran kami juga adalah lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris. Jadi sebelum daftar kursus kamu juga bisa sekalian konsultasi terkait permasalahan bahasa, meminta tricks belajar Bahasa Inggris dan rekomendasi program apa yang cocok sesuai kebutuhan kamu," tutur dia.

Terakhir, grup WhatsApp Belajar Online. Setiap Angkatan kursus akan difasilitasi grup wahtsapp online yang berfungsi untuk komunikasi diluar kelas, pusat pemberian materi tamabahan, diskusi dan media untuk saling berkomunikasi lintas kelas.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA