Kamis 17 Jun 2021 01:10 WIB

Wijnaldum Jadi Sosok Gelandang yang Dibutuhkan Semua Tim

Kini Wijnaldum telah resmi merapat ke klub kaya asal Prancis Saint-Germain (PSG).

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kapten timnas Belanda Georginio Wijnaldum (tengah).
Foto: EPA-EFE/Koen van Weel
Kapten timnas Belanda Georginio Wijnaldum (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Gelandang timnas Belanda Georginio Wijnaldum menunjukkan performa gemilang pada laga perdana melawan timnas Ukraina di Grup C Euro 2020. Bertindak sebagai kapten, Wijnaldum membantu kemenangan perdana 3-2 untuk de Oranje.

Wijnaldum tampil penuh pada partai pembuka. Pesepak bola bernomor punggung 8 tersebut bahkan sukses menyumbang satu gol bagi kemenangan tim besutan Frank de Boer.

Pesepak bola berusia 30 tahun itu adalah kapten yang bersahaja, dia memimpin dengan menunjukkan etos kerja tanpa henti selama 90 menit partai berlangsung. Kemampuan luar biasa untuk mengirim umpan, dan bersikap tenang serta konsisten.

Gini sapaan akrab Wijnaldum merupakan sosok gelandang paket lengkap yang dibutuhkan pelatih sepak bola modern saat ini. Alhasil itu mengapa banyak klub top Benua Biru seperti Barcelona dan Bayern Muenchen tertarik untuk mengikat Wijnaldum.

Dalam keputusan penunjukkan skuad utama timnas Belanda menjelang Euro, banyak fan yang memalingkan Wijnaldum. Sebaliknya, mereka justru khawatir dengan absennya Virgil van Dijk, dan jede pangkal paha Matthijs de Ligt.

Tetapi, Wijnaldum justru selalu mendapat tempat pun diandalkan meski dirinya kerap luput dari perhatian banyak fan dan lawan. Merujuk pada statistiknya bersama timnas Belanda eks pemain Newcastle United itu sukses mencetak lima gol dan dua assist.

Tumbuh dewasa, Wijnaldum melalui proses yang berat di akademi Sparta Rotterdam, ia pindah ke akademi Feyenoord pada 2004. Gini masih memegang rekor sebagai pemain Feyenoord termuda, debut pada usia 16 tahun dan 148 hari dalam pertandingan Eredivisie Belanda melawan Groningen pada 8 April 2007 dan keluar sebagai Man of the Match.

Gertjan Verbeek sosok pelatih Feyenoord yang menangani Wijnaldum ketika masih berusia 17 tahun. Ia mengaku telah melihat perkembangan Gini yang begitu meningkat dan kerasaan sang pemain bakal menjadi pesepak bola terbaik dunia.

"Dia adalah bakat yang hebat, sangat muda, tetapi dia sudah memiliki banyak tanggung jawab. Sementara Gini selalu menunjukkan ketenangan dalam berpikir dan bagaimana ia melakukannya," kata Verbeek kepada ESPN, Rabu (16/6).

Kini Wijnaldum telah resmi merapat ke klub kaya asal Prancis Saint-Germain (PSG). Tentu keberhasilan Les Parisien mengamankan Gini bakal sangat membantu skuad Mauricio Pochettino dalam menjalankan misi mereka untuk menjuarai titel Liga Champions.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement