Rabu 16 Jun 2021 17:59 WIB

RS MMC Vaksinasi Ribuan Karyawan Korporasi di Jakarta

Harapannya, ini dapat membantu mempercepat cakupan Herd-Immunity.

Vaksinasi. Ilustrasi
Foto: Prayogi/Republika.
Vaksinasi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (MM), Jakarta melaksanakan Vaksinasi Gotong Royong bagi karyawan sejumlah perusahaan. Ini sesuai program pemerintah dengan rincian 100 peserta dari perusahaan PT Bosowa Corporindo, Jumat (11/6) yang dan dilanjutkan dengan seribi peserta dari kelompok usaha Bakrie terhitung pada 16 Juni 2021-18 Juni 2021.

Tertulis dalam Permenkes Nomor 10 tahun 2021, bahwa, Vaksinasi Gotong Royong adalah pelaksanaan Vaksinasi kepada karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga yang pendanaannya dibebankan pada badan hukum atau badan usaha. 

"Program pemerintah ini juga diterapkan di RS MMC dimana karyawan-karyawati dari sebuah perusahaan yang telah bekerjasama dengan Biofarma menunjuk RS MMC sebagai pelaksana Vaksinasi Gotong Royong.

Sebagai rumah sakit yang berada di kawasan 'Segitiga Emas Kuningan' Jakarta Selatan. RS MMC ingin ikut berpartisipasi dalam program pemerintah, dalam rangka mempercepat proses penanganan pandemi ini," kata Direktur Utama RS MMC, dr. Roswin Rosnim Djaafar, MARS, Rabu (16/6). 

Harapannya, dengan pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong ini dapat membantu mempercepat cakupan Herd-Immunity di Indonesia, serta krisis yang disebabkan dari pandemi dapat teratasi.

Penerapan Sistem Baru Pada Vaksin Gotong Royong RS MMC bagi perusahaan yang ingin mendapatkan Vaksinasi Gotong Royong prosedurnya dapat dengan mengajukan surat Vaksinasi ke Kadin dan Biofarma. Kemudian mencantumkan fasilitas pelayanan kesehatan/ rumah sakit yang telah terverifikasi sebagai pelaksana program pemerintah ini. 

"RS MMC termasuk salah satu fasilitas layanan kesehatan yang sudah terverifikasi untuk pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong," ujarnya.

Sementara itu, dr. Hilda Hamdi, selaku Koordinator Vaksinasi Gotong Royong RS MMC, mengatakan, pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong di RS MMC yang mengutamakan mutu dan pelayanan yang berfokus pada pasien, diselenggarakan sesuai protokol kesehatan yang diimbau oleh pemerintah. Imbauan itu adalah dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak duduk dengan minimal satu meter, hingga disediakan handrub untuk mencuci tangan di setiap meja yang tersedia.

Ia turut memberi penjelasan seputar pelaksanaan Vaksinasi ini sudah menerapkan sistem terbaru dengan penyederhanaan alur Vaksinasi dari sistem empat menjadi menjadi dua meja. "Pada saat peserta datang akan disambut petugas kami di Meja Pre-Registrasi untuk mencocokan NIK dengan akun PCare. Setelah terdaftar NIK tersebut, maka peserta/ sasaran vaksinasi akan diarahkan ke Meja satu. Di Meja satu ini akan ada dokter dan perawat yang melakukan skrining. Skrining anamnesa oleh dokter, termasuk juga tekanan darah dan suhu tubuh. Setelah sasaran dinyatakan lolos skrining, peserta akan divaksin," kata Hilda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement