Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bisa Merusak Tubuh

Rabu 16 Jun 2021 14:31 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti

Kebiasaan yang tanpa disadari bisa menghancurkan tubuh (ilustrasi)

Kebiasaan yang tanpa disadari bisa menghancurkan tubuh (ilustrasi)

Foto: republika
Kurang tidur pada malam hari adalah hal yang tak boleh dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda merusak tubuh Anda tanpa menyadarinya? Jawabannya bisa jadi, iya.

Mulai dari kebersihan, kebiasaan tidur, diet, dan olahraga, ada berbagai cara yang tanpa disadari bisa merusak kesehatan. Dilansir di laman Eat This, Not That!, Rabu (16/6), ada beberapa cara paling mengejutkan yang mungkin dilakukan tanpa menyadari bahwa Anda sedang menghancurkan tubuh dan pikiran:

1. Tidak memperhatikan tidur 

Mengabaikan dengkuran dan kurang tidur pada malam hari adalah hal yang tidak boleh dilakukan jika menyangkut kesehatan Anda. "Ini mungkin tanda sleep apnea dan Anda mungkin perlu studi tidur," ujarnya.

Hasil dari mengabaikan hal tersebut dapat mengakibatkan berbagai konsekuensi kesehatan termasuk kantuk pada siang hari. "Tabrakan kendaraan bermotor dua sampai tiga kali lebih sering terjadi pada pasien dengan obstructive sleep apnea," kata dia.

2. Obesitas

Direktur Klinis Program Penyakit Hati Berlemak dan asisten profesor Yale School of Medicine, Albert Do, menunjukkan ada lebih dari 200 komplikasi yang telah dilaporkan karena kelebihan berat badan dan obesitas. 

"Mereka tersebar di semua organ tubuh, dan banyak di antaranya dapat diam sampai penyakit menjadi parah," ujarnya. 

Diabetes dapat menyebabkan kerusakan pada banyak organ termasuk saraf, ginjal, mata, dan menyebabkan serangan jantung. Demikian pula, penyakit hati berlemak dapat menyebabkan peradangan hati dan jaringan parut parah yang juga dikenal sebagai sirosis. Untungnya, ada hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi obesitas. 

"Penurunan berat badan sesedikit 5 persen telah ditemukan untuk memperbaiki banyak penyakit terkait obesitas, dan dapat sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan serta kualitas hidup," ujarnya.

3. Postur tubuh yang buruk 

Area Spinal and Orthopaedic Surgeon, Gbolahan Okubadejo, mengatakan memiliki postur tubuh yang buruk merugikan kesehatan lebih dari yang Anda sadari. "Ketika sering membungkuk, begitu juga tulang belakang Anda, maka Anda menghambat tubuh mendapatkan sirkulasi yang diperlukan," ujarnya.

Sakit leher, bahu, dan punggung kronis juga bisa diakibatkan oleh posisi yang salah. Postur tubuh yang buruk juga dapat berdampak negatif pada kapasitas dan fungsi paru-paru Anda. 

Saat Anda membungkuk ke depan atau bersandar sepanjang waktu, jantung, otak, dan organ lain tidak mendapatkan oksigen yang mereka butuhkan. Ini dapat menyebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah, fungsi kognitif yang buruk, dan sesak napas.

4. Tidur di kasur tua

Dr Okubadejo mengungkapkan, tidur di kasur tua dapat merugikan kesehatan Anda. Tempat tidur adalah sesuatu yang Anda gunakan setiap hari, tetapi banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya kasur mereka untuk kesehatan yang baik. 

Dari penggunaan bertahun-tahun, kasur tua cenderung kehilangan bentuknya dan mulai membentuk kemiringan atau lekukan ketika beban diterapkan. "Tidur dengan tulang belakang melengkung alih-alih sejajar dengan benar, dapat menyebabkan sakit punggung kronis atau kekakuan konstan," kata dia.

5. Tidak cukup bergerak

Pelatih Kebugaran Bersertifikat NYC, Jessica Mazzucco, memperingatkan gagal bergerak bisa berakibat fatal. "Gaya hidup yang tidak banyak bergerak sangat berbahaya," ujarnya. 

Selain kelima hal tersebut, beberapa hal yang juga dapat merusak tubuh dan pikiran Anda di antaranya olahraga berlebiha, stres, dan memencet jerawat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA