Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Utusan AS Kunjungi Arab Saudi Bahas Gencatan Senjata Yaman

Rabu 16 Jun 2021 14:14 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini

Konflik di Yaman (ilustrasi)

Konflik di Yaman (ilustrasi)

Foto: VOA
Utusan AS akan bertemu pejabat Yaman dan Saudi untuk mencapai gencatan senjata

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Utusan khusus Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk Yaman, Tim Lenderking, melakukan kunjungan ke Arab Saudi selama sepekan. Departemen Luar Negeri mengatakan pada Selasa (15/6), kehadirannya untuk pembicaraan dalam mencapai gencatan senjata nasional yang komprehensif di Yaman.

"Utusan Khusus AS untuk Yaman Tim Lenderking akan melakukan perjalanan ke Arab Saudi pada 15-17 Juni di mana dia akan bertemu dengan pejabat senior dari Pemerintah Republik Yaman dan Arab Saudi, serta Utusan Khusus PBB Martin Griffiths," ujar pernyataan Departemen Luar Negeri AS dikutip dari Alarabiyah.

Baca Juga

Departemen Luar Negeri AS menjelaskan, selama kunjungan, Lenderking akan membahas upaya terbaru untuk mencapai gencatan senjata nasional yang komprehensif. Langkah itu dinilai menjadi satu-satunya cara untuk memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan oleh Yaman.

"Amerika Serikat juga mengakui upaya Arab Saudi untuk memajukan implementasi Perjanjian Riyadh, yang penting untuk stabilitas, keamanan, dan kemakmuran di selatan Yaman," kata pernyataan Washington.

Kunjungan itu akan menjadi perjalanan ketujuh Lenderking yang dipublikasikan ke wilayah tersebut sejak ditunjuk oleh Biden. Dia bertugas meningkatkan upaya diplomatik dalam upaya mengakhiri perang selama bertahun-tahun. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA