Rabu 16 Jun 2021 13:43 WIB

PLN Bangun Penyulang 47 Kms di Jember

Penyulang ini untuk perbaikan tegangan ujung dan mengurangi susut jaringan.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fuji Pratiwi
Sistem Kelistrikan PLN (ilustrasi). PLN membangun penyulang 47 Kms di Jember, Jawa Timur.
Foto: dok. Istimewa
Sistem Kelistrikan PLN (ilustrasi). PLN membangun penyulang 47 Kms di Jember, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PLN UP3 Jember membangun penyulang baru sepanjang 47 kms dan Gardu Hubung (GH) Mayang, Jember. Hal ini dalam upaya memberikan pelayanan optimal dan meningkatkan keandalan.

Manager UP3 Jember, Hamzah mengatakan, pembangunan infrastruktur kelistrikan tersebut bertujuan untuk perbaikan tegangan ujung dan mengurangi susut jaringan. "Serta mendukung peningkatan perekonomian di sektor industri dengan kesiapan untuk melayani pelanggan premium di wilayah Kalisat dan sekitarnya," kata Hamzah melalui siaran tertulisnya, Rabu (16/6).

Baca Juga

Hamzah menjelaskan, penyulang baru tersebut dapat memasok listrik kepada 4.625 pelanggan baru dengan daya 900 VA. Sebelumnya, wilayah Kalisat dan sekitarnya dilayani penyulang Kalisat dengan tegangan ujung 17,2 kV dan penyulang gumitir 17,4 kV.

Pengerjaan proyek tersebut memakan waktu sekitar empat bulan. Dalam pengerjaan proyek tersebut, kata Hamzah, PLN bekerja sama dengan pemangku kepentingan eksternal mulai dari kelurahan, Dinas PU Kota Jember, hingga Polres Jember.

"Sinergi dan koordinasi dengan pemangku kepentingan setempat membuat pengerjaan penyulang ini nyaris tak ada kendala," ujar Hamzah.

Hamzah mengatakan, kendala yang dialami lebih bersifat teknis. Seperti penanaman tiang pada badan jalan raya yang dapat langsung teratasi dengan baik. "Kami berharap dengan ditambahnya penyulang baru tersebut mampu meningkatkan layanan kami khususnya di sisi keandalan," ujar Hamzah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement