Rabu 16 Jun 2021 13:09 WIB

Berat Rangka Atap JIS Setara 2.430 Mobil, Anies: Rekor Dunia

Pembangunan JIS secara keseluruhan ditargetkan rampung pada Desember 2021.

Rep: Febryan. A/ Red: Agus Yulianto
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri peresmian pengangkatan rangka atas Jakarta Internasional Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (16/6).
Foto: Republika/Febryan. A
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri peresmian pengangkatan rangka atas Jakarta Internasional Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (16/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rangka atap Jakarta Internasional Stadium (JIS) beratnya 3.900 ton atau setara dengan 2.430 mobil Innova. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ini adalah rekor dunia. 

"Jadi, saya meminta kepada mereka (PT Jakpro) agar nanti dicatatkan dalam Guinness Book of Records bahwa di Jakarta ada pemecahan rekor ini," kata Anies saat peresmian pengangkatan rangka atap itu, Rabu (16/6). 

 

photo
Foto aerial pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di kawasan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara. (ANTARA/Sigid Kurniawan)

 

 

Anies menjelaskan, rangka untuk atap buka-tutup itu beratnya 3.900 ton, setara dengan berat 2.430 mobil Kijang Innova. Menariknya lagi, semua rangka atap itu diangkat secara bersamaan hingga ketinggian 70 meter. 

"Bayangkan ada 2.430 mobil Innova diangkat bersama-sama ke ketinggian 70 meter," kata dia. 

Menurut Anies, pengerjaan rangka atap ini adalah proses engineering yang kompleks. Terdapat 800 hingga 1.200 orang pekerja lapangan hingga insinyur yang terlibat dalam prosesnya. 

Pengangkatannya, kata dia, akan rampung pada Sabtu (19/6). Lalu, proses pengelasan dan tahap penyelesaian lainnya akan tuntas pada 5 Juli.  

Dia menambahkan, dengan atap yang bisa dibuka-tutup, JIS nanti bisa digunakan warga Jakarta sepanjang tahun apa pun cuacanya. Pertandingan sepak bola bisa digelar siang hari ataupun saat hujan.  

Pembangunan JIS secara keseluruhan ditargetkan rampung pada Desember 2021. Stadion itu berkapasitas 82 ribu penonton.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement