Rabu 16 Jun 2021 09:47 WIB

Ini Fakta Menarik Usai Portugal Bantai Hungaria

Hungaria belum pernah menang melawan Portugal dalam 14 pertemuan di berbagai ajang.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Para pemain Hungaria bertepuk tangan kepada para penggemar setelah pertandingan sepak bola babak penyisihan Grup F Euro 2020 antara Hungaria dan Portugal di Budapest, Hungaria, 15 Juni 2021.
Foto: EPA-EFE/Bernadett Szabo
Para pemain Hungaria bertepuk tangan kepada para penggemar setelah pertandingan sepak bola babak penyisihan Grup F Euro 2020 antara Hungaria dan Portugal di Budapest, Hungaria, 15 Juni 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, BUDAPEST -- Portugal digdaya pada laga perdana Grup F Piala Eropa (Euro) 2020. Selecao das Quinas menundukkan Hungaria 3-0 di Puskas Arena, Budapest, Hungaria, dalam duel yang berakhir pada Rabu (16/6) dini hari WIB.

Sang juara bertahan membuat awal yang baik. Skuad polesan Fernando Santos memiliki modal mentereng dalam misi mempertahankan gelar.

Baca Juga

Usai laga di markas Hungaria, kepercayaan diri penggawa Portugal bertambah. Berikut sejumlah data dan fakta terkait pertandingan tersebut dilansir dari BBC.

- Cristiano Ronaldo telah mengoleksi 11 gol di turnamen Euro. Itu jumlah tertinggi, melewati pencapaian Michel Platini dari Prancis. Jika dihitung dengan fase kualifikasi, jumlah gol Ronaldo mencapai angka 42.

- Ronaldo telah mencetak 106 gol untuk Portugal. Ia hanya tertinggal tiga gol dari Ali Daei asal Iran, sebagai pencetak gol terbanyak di pentas internasional.

- Ronaldo satu-satunya pemain yang selalu tampil dan mencetak gol di lima Piala Eropa beruntun. Ini penampilan ke-22 nya di turnamen tersebut.

- Pepe menjadi pemain Portugal tertua yang tampil di Piala Eropa. Saat bermain menghadapi Hungaria, ia berumur 38 tahun 109 hari.

- Hungaria hanya mengoleksi dua kemenangan dalam sembilan pertandingan di Piala Eropa.

- Hungaria belum pernah menang melawan Portugal dalam 14 pertemuan di berbagai ajang. Selama periode tersebut, skuad Magyars mengalami 10 kekalahan, dan bermain imbang di empat pertandingan.

- Enam dari starting XI Portugal (saat melawan Hungaria), bagian dari tim pemenang Piala Eropa 2016.

- Gol pembuka Portugal yang diciptakan Raphael Guerreiro, merupakan gol ke-50 timnas tersebut, sepanjang keikutsertaan di turnamen Piala Eropa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement