Lepaskan Soal Individu, Bale Tekankan Upaya Kolektivitas Tim

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Gelandang timnas Wales, Gareth Bale.
Gelandang timnas Wales, Gareth Bale. Foto: Ozan Kose, Pool via AP
Menurut Bale, seseorang tak berarti apa-apa, jika tanpa bantuan rekan setim.

REPUBLIKA.CO.ID, BAKU -- Kapten timnas Wales, Gareth Bale, meminta para kritikus sepak bola agar lebih fokus pada performa tim. Bale menyatakan hal ini di sela-sela persiapan timnya menuju laga kedua Grup A Piala Eropa (Euro) 2020.

Beberapa jam lagi, the Dragons bertemu Turki. Laga tersebut, berlangsung di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, Rabu (16/6) malam WIB.

Bale berpengalaman tampil di pertandingan besar. Juga di laga panas melibatkan dua tim yang terlibat rivalitas.

Ketika hasilnya positif, menurut Bale, itu bukan karena penampilan individu semata. Tetapi murni ada kerja sama yang terbangun secara efektif.

"Semua orang berbicara tentang penampilan individu, siapa yang mencetak gol, siapa yang melakukan sesuatu. Tapi paling penting adalah bekerja keras secara kolektif sebagai sebuah tim," kata Bale, dikutip dari Marca, Rabu.

Bale mengaku telah mengatakan hal itu di sepanjang kariernya bersama Wales. Ia tidak peduli apakah dirinya atau siapa pun yang mencetak gol.

Menurut Bale, seseorang tak berarti apa-apa, jika tanpa bantuan rekan setim. Lagi-lagi pencapaian tim berkat usaha bersama.

"Kami hanya murni fokus melakukan segalanya sebagai sebuah tim, bersama-sama," ujar Bale.

Duel Wales kontra Turki di Azerbaijan, diprediksi memanas. Penggemar lokal bakal mendukung tim asuhan Senol Gunes.

Bale tak terlalu mempermasalahkan hal itu. Ia malah berharap, lebih banyak orang datang ke stadion. "Akan menyenangkan merasakan atmosfer di stadion dan kembali normal," ujar winger Real Madrid ini.

Bale dan rekan-rekan mengoleksi sebiji poin di Grup A. Sebelumnya pada laga perdana, the Dragons bermain imbang 1-1 dengan Swiss.

Terkait


Pelatih Austria Franco Foda. Pelatih timnas Austria Franco Foda mengungkapkan faktor terbesar kekalahan 0-2 tim asuhannya dari Belanda dalam laga Grup C Euro 2020 adalah terlalu sering mengundang Oranye untuk menyerang.

Biang kekalahan Austria dari Belanda menurut Franco Foda

Reaksi pelatih kepala Belgia Roberto Martinez selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup B UEFA EURO 2020 antara Denmark dan Belgia di Kopenhagen, Denmark, 17 Juni 2021.Roberto Martinze memuji mentalitas anak asuhnya ketika melawan Denmark

Martinez Puji Mentalitas Belgia Usai Comeback Lawan Denmark

Denzel Dumfries dari Belanda melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua timnya pada pertandingan babak penyisihan grup C UEFA EURO 2020 antara Belanda dan Austria di Amsterdam, Belanda, 17 Juni 2021.

Euro 2020: Lanjutkan Tren Positif, Belanda Gasak Austria 2-0

Sebuah pesan yang didedikasikan untuk pemain sepak bola Denmark Christian Eriksen ditulis pada bendera Denmark sebelum pertandingan sepak bola babak penyisihan grup B UEFA EURO 2020 antara Denmark dan Belgia di Kopenhagen, Denmark, 17 Juni 2021.

Timnas Denmark Berikan Penghormatan untuk Eriksen

 Memphis Depay (tengah) dari Belanda merayakan gol pembuka dari titik penalti pada pertandingan sepak bola babak penyisihan grup C UEFA EURO 2020 antara Belanda dan Austria di Amsterdam, Belanda, 17 Juni 2021.

Penalti Memphis Depay Bawa Belanda Unggul 1-0 atas Austria

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image