Selasa 15 Jun 2021 23:47 WIB

Pakar Nilai Banyak Informasi Menyesatkan Terkait Vaksinasi

Pakar mengatakan masyarakat tak perlu khawatir untuk ikut vaksinasi Covid.

vaksinasi covid-19 (ilustrasi)
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
vaksinasi covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar epidemiologi FKM Universitas Indonesia, Tri Yunis Miko Wahyono, mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Menurutnya, ketakutan masyarakat selama ini karena banyak informasi tidak benar mengenai vaksin.

Ia mengatakan banyak pihak yang bisa mengajak masyarakat untuk ikut dan menjelaskan tujuan vaksinasi Covid. Mulai dari tokoh masyarakat, lurah, ketua RW, RT, tokoh agama, hingga selebriti. "Menurut saya semuanya sih potensial," ucapnya, Selasa (15/6).

Baca Juga

Tri Yunis mengajak masyarakat untuk menyaring informasi mengenai vaksinasi dan Covid-19 dengan logika. Sebab, dia melihat banyak informasi menyesatkan berseliweran belakangan ini yang tidak masuk logika. Bahkan, kata dia, vaksin AstraZeneca di Eropa pun dinyatakan aman. 

"Jangan melihat informasi yang bukan pada tempatnya dia memberikan informasi. Kalau informasi dari teman, kalau dia bukan dokter jangan dipercaya. Sekarang logika dalam vaksin atau Covid-19 enggak karuan. Yang bukan ahli juga ngomong, itu yang menyebabkan orang-orang terbalik-balik, menjadi kacau balau informasinya," jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement