Selasa 15 Jun 2021 20:16 WIB

Rambut Rontak Usai Melahirkan? Begini Cara Mengatasinya

Kerontokan rambut bagi calon ibu maupun ibu baru bisa berlangsung hingga setahun.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Cara mengatasi rambut rontok bagi calon ibu maupun ibu baru (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Cara mengatasi rambut rontok bagi calon ibu maupun ibu baru (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rambut rontok sangat umum terjadi pada calon ibu maupun ibu baru. Alasan utama kerontokan rambut adalah perubahan hormonal yang dialami tubuh selama kehamilan.

Semakin banyak rambut masuk ke fase istirahat, yang merupakan bagian dari siklus kerontokan rambut normal. Begitu kadar hormon dalam tubuh kembali normal, siklus pertumbuhan dan kerontokan rambut juga akan kembali normal. 

Ini bisa memakan waktu beberapa bulan hingga satu tahun. Kebanyakan wanita mencoba menghindari obat tambahan selama kehamilan. Oleh karena itu, pengobatan rumahan adalah cara terbaik untuk merawat rambut rontok secara alami tanpa mengkhawatirkan efek sampingnya.

Berikut adalah beberapa tips perawatan rambut untuk mencegah rambut rontok yang dipaparkan oleh Kepala Artistik, Enrich, Sareena Acharya seperti dilansir di laman Indian Express, Selasa (15/6):

1. Hindari menyisir terlalu sering

Menyisir terlalu berlebihan dapat menyebabkan rambut rontok, terutama saat rambut basah, karena rapuh dan mudah patah.

2. Perhatikan sampo dan kondisioner

Perubahan hormonal dapat membawa perubahan pada jenis kulit kepala dan jenis rambut. Gunakan produk perawatan rambut yang sesuai untuk jenis kulit kepala dan jenis rambut. Produk bebas sulfat sangat direkomendasikan dan menambahkan kondisioner menjadi pilihan yang baik untuk menjaga tingkat kelembapan pada rambut.

3. Hindari gaya rambut yang terlalu ketat

Alasannya, gaya rambut tersebut akan menarik dan membuat rambut Anda stres, yang akhirnya dapat memperparah kerontokan rambut. Hindari kepang ketat, kuncir kuda, atau sanggul ketat. 

4. Konsumsi makanan sehat dan diet seimbang

Ini adalah kunci untuk memiliki rambut yang berkilau dan sehat. Sertakan pula buah-buahan dan sayuran segar, dan makanan kaya protein dalam diet Anda. Juga, minum cukup air dan tetap terhidrasi sepanjang hari.

5. Memotong ujung rambut secara teratur

Aktivitas ini dapat membantu mencegah ujung rambut bercabang dan ujung yang kering dan rusak. Selain itu, perubahan gaya rambut juga akan membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement