Selasa 15 Jun 2021 19:58 WIB

BMH Siap Bangun Rumah Quran di Selat Kongki, Kepri

Perkampungan mualaf Selat Kongki terletak di atas air.

BMH akan mendirikan Rumah Quran untuk mualaf di Selat Kongki, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri).
Foto: Dok BMH
BMH akan mendirikan Rumah Quran untuk mualaf di Selat Kongki, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri).

REPUBLIKA.CO.ID, DAIK -- Laznas BMH terus berupaya menghadirkan manfaat kebaikan dari penghimpunan dan pengelolaan dana zakat, infak dan sedekah hingga ke masyarakat kepulauan. 

"Alhamdulillah kesadaran umat dalam mengeluarkan zakat, infak  dan sedekah menjadikan BMH dapat terus mengalirkan kebaikan bagi masyarakat Selat Kongki di Kabupaten Lingga,  Kepulauan Riau (Kepri). Setelah rampung membangun masjid, BMH juga membangun sumur bor, karena warga muslim muallaf di kampung ini kesulitan mendapatkan air bersih,”  kata Kepala BMH Perwakilan Kepulauan Riau, Abdul Aziz, Senin  (14/6).

Ia menambahkan, sebelumnya untuk dapat air bersih, warga harus menggunakan sampan kecil mencari air bersih di sumber air yang terletak cukup jauh dari perkampungan. “Saat ini, Alhamdulillah, air bersih telah mengalir ke rumah-rumah warga melalui pipanisasi. Kini BMH siapkan pembangunan Rumah Quran," ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

photo
Warga Selat Kongki melaksanakan shalat berjamaah di masjid yang dibangun oleh BMH.  (Foto: Dok BMH)

Rumah Quran, kata dia,  akan menjadi sarana penguatan dakwah dai tangguh BMH dalam upaya ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

"Alhamdulillah BMH terus hadir membahagiakan kami di sini, dari masjid, sumur bor, dan sekarang persiapan pendirian Rumah Quran. Sekarang saya sudah hafal beberapa surat pendek berkat bimbingan dai BMH. Untuk Alquran saya sudah belajar sampai Iqra 3," ucap Ketua RT setempat, Abdullah, bahagia.

"Ibu-ibu siap untuk terus belajar membaca Alquran?" tanya Abdul Aziz, ketua BMH Kepri pada sejumlah ibu-ibu mualaf di Selat Kongki.  "Siap, Pak Ustadz," jawab mereka penuh semangat. 

Sebagai bentuk kepedulian pembinaan yang berkesinambungan, BMH Kepri, menugaskan seorang pembimbing agama di Selat Kongki.  Alhasil, Abdullah, ketua RT setempat bersyukur telah menghafal surah-surah pendek seperti Al Ikhlas dan An Nas.  Untuk pembelajaran baca tulis Alquran, Abdullah sudah sampai jenjang Iqra' 3.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lingga, Ustadz Badi’ul Hasani mengapresiasi program BMH ini.

"Kami dari MUI mendukung gerakan dan program BMH, nyata mencerdaskan umat melalui Alquran. Dan, kita tahu bersama bahwa Alquran adalah benteng yang harus perkuat, sehingga para warga hendaknya menjaga semangat dalam mempelajari Alquran," tuturnya.

photo
Perkampungan mualaf Selat Kongki, Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), terletak di atas air. (Foto: Dok BMH)

Perkampungan mualaf Selat Kongki terletak di atas air dengan penduduk sekitar 60 jiwa. 

"Sebenarnya mereka telah resmi masuk Islam sejak 2006, namun baru tiga bulan terakhir pembinaan intensif mulai aktif dilakukan. Dan, ini BMH yang terus aktif," imbuh Ustadz Badi’ul Hasani.

"Tentu masih terbuka ruang amal kebaikan, amal jariyah, wakaf dan beragam sarana menuju ridha Allah dengan memberdayakan sesama. BMH senantiasa siap menjadi mitra umat untuk dakwah dan pendidikan hingga masyarakat kepulauan," tutup Aziz.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement