Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Jokowi Undang Pejabat se-DKI, Bahas Lonjakan Covid-19

Selasa 15 Jun 2021 14:38 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andi Nur Aminah

Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Presiden memberi arahan bahwa Covid-19 di Jakarta meningkat sangat signifikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil seluruh pejabat tinggi DKI Jakarta, termasuk Gubernur, Ketua DPRD, Pangdam Jaya, dan Kapolda ke Istana Negara, Selasa, (15/6). Presiden memberikan arahan merespons lonjakan kasus Covid-19 di Ibu Kota dan temuan transmisi lokal varian Delta yang terbawa dari India. 

"Presiden memberi arahan bahwasanya peningkatan Covid-19 di Jakarta itu sangat meningkat signifikan dan beliau meminta kepada pemda, karena sudah masuknya virus dari India, pemda diminta menekan dengan cara-cara, seperti vaksinasi," ujar Ketua DPRD DKI Jakarta Prasteyo Edi seusai pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Selasa (15/6). 

Baca Juga

Menurut Presiden, kata Prasetyo, penyebab utama dari lonjakan kasus Covid-19 di Jakarta adalah mulai longgarnya kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker. Tingkat penggunaan masker oleh masyarakat di Ibu Kota saat ini baru 78 persen. Presiden Jokowi, kata Prasetyo, memerintahkan Pemprov DKI Jakarta mampu menaikkan angka penggunaan masker hingga 95 persen. "Nah, di sini Presiden meminta kepada masyarakat Jakarta, ya seperti daerah yang padat itu harus cepat divaksin," kata Prasetyo.

Vaksinasi Covid-19 pun akan dikebut di Ibu Kota. Sebelumnya, Presiden Jokowi sendiri sudah memantau secara langsung vaksinasi terhadap pekerja di Pelabuhan Tanjung Priok, Sunda Kelapa, hingga sejumlah rumah susun di Ibu Kota. 

Prasetyo mengatakan, Pemprov DKI juga menyampaikan telah berkoordinasi dengan TNI-Polri untuk menambah kapasitas perawatan bagi pasien Covid-19. Hal ini merespons semakin penuhnya RS Darurat Wisma Atlet.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA