Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Bersihkan Kulkas

Selasa 15 Jun 2021 11:18 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti

Kesalahan umum saat membersihkan kulkas (ilustrasi).

Kesalahan umum saat membersihkan kulkas (ilustrasi).

Foto: PickPik
Jenis spons yang cocok digunakan adalah spons penggosok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membersihkan kulkas tampak seperti pekerjaan yang sederhana namun sebenarnya cukup sulit. Terlebih bila ada sisa atau tetesan makanan hingga minuman yang menempel dan mengotori kulkas atau ada makanan basi yang tersimpan lama dan membuat kulkas jadi berbau tak sedap.

Memilih membersihkan kulkas yang salah dapat membuat proses pembersihan membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain itu, kesalahan ini juga akan membuat kebersihan kulkas terjaga dengan optimal. Berikut ini adalah kesalahan-kesalahan tersebut, seperti dilansir di Mashed, beberapa waktu lalu:

1. Kesalahan memilih spons dan kain

Salah satu kesalahan yang kerap terjadi ketika membersihkan kulkas adalah memilih jenis spons dan kain yang kurang tepat. Jenis spons yang cocok digunakan untuk membersihkan kulkas adalah scrubbing sponge atau spons penggosok. Sedangkan jenis kain yang dianjurkan untuk membersihkan kain mikrofiber.

Kain mikrofiber dapat membantu untuk menyingkirkan kotoran-kotoran yang berhasil diangkat dengan scrubbing sponge. Selain itu, kain mikrofiber juga tidak meninggalkan serat dan dapat dengan mudah dicuci setelah digunakan.

2. Kesalahan menggunakan produk pembersih

Better Homes & Gardens menganjurkan untuk tidak menggunakan produk pembersih komersial. Alasannya, pewangi pada produk pembersih ini bisa berpindah ke makanan.

Ada beberapa alternatif produk pembersih yang bisa digunakan untuk membersihkan kulkas. Salah satunya adalah cuka.

Selain cuka, baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan kulkas. Caranya adalah dengan melarutkan baking soda ke dalam air dengan perbandingan baking soda dan air sebesar satu banding tujuh.

3. Kesalahan urutan membersihkan bagian kulkas

Urutan dalam membersihkan kulkas juga kerap memicu kesalahan. Saat membersihkan kulkas, bagian pertama yang sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu adalah bagian teratas kulkas.

Bersihkan secara menurun dan bertahap ke bagian bawah, hingga mencapai ke bagian terbawah. Cara ini penting untuk diperhatikan demi menghindari risiko menyebarnya kotoran ke bagian yang sudah dibersihkan.

4. Kesalahan menyediakan tempat menyimpan

Sering kali seseorang tidak menyediakan tempat menyimpan isi kulkas yang cukup sebelum melakukan pembersihan. Kebiasaan ini dapat membuat proses membersihkan kulkas menjadi lebih lama.

Pastikan ada tempat untuk menyimpan isi kulkas yang cukup sebelum membersihkan kulkas. Beberapa area yang bisa menjadi tempat penyimpanan sementara adalah konter dapur atau meja.

5. Kesalahan melupakan laci dan pintu kulkas

Sering kali kotoran atau tetesan cairan makanan hingga minuman berkumpul di sela-sela laci terbawah kulkas. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencuci bagian lacinya ketika membersihkan kulkas. Bersihkan pula dinding hingga pintu kulkas dengan menyeluruh. Jangan lupa untuk melap seluruh area yang dibersihkan dengan kain bersih untuk mencegah tumbuhnya jamur. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA