Arnautovic Minta Maaf Setelah Diduga Lontarkan Gestur Rasis

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Marko Arnautovic (kanan) dari Austria merayakan gol dengan rekan setimnya David Alaba selama pertandingan penyisihan Grup C Euro 2020 antara Austria dan Makedonia Utara di Bucharest, Rumania, 13 Juni 2021.
Marko Arnautovic (kanan) dari Austria merayakan gol dengan rekan setimnya David Alaba selama pertandingan penyisihan Grup C Euro 2020 antara Austria dan Makedonia Utara di Bucharest, Rumania, 13 Juni 2021. Foto: EPA-EFE/ Robert Ghement / POOL
Arnautovic menegaskan tidak ada niat melakukan tindakan rasialis selama pertandingan.

REPUBLIKA.CO.ID, BUCHAREST -- Striker timnas Austria, Marko Arnautovic, meminta maaf setelah bersikap yang mengundang kontroversi dalam pertandingan babak penyisihan Grup C Euro 2020 kontra Macedonia Utara, Senin (14/6) dini hari WIB. Austria menang 3-1 dalam laga tersebut.

Arnautovic yang menutup kemenangan tim dengan golnya di menit ke-89, melakukan selebrasi yang dianggap mendiskriminasi ras lain.

Kapten timnas Austria, David Alaba, langsung menghentikan selebrasi gol tersebut. Arnautovic akhirnya meminta maaf terhadap sikapnya.

"Ada banyak ujaran kebencian dari laga itu dan saya ingin meminta maaf, terutama untuk saudara saya di Macedonia Utara dan Albania," kata Arnautovic seperti dilansir ESPN, Selasa (15/6).

Arnautovic diketahui memiliki keturunan Serbia. Sementara, etnis Serbia diketahui memiliki sejarah panjang dan kelam dengan Macedonia Utara dan Albania.

Arnautovic menegaskan tidak ada niat melakukan tindakan rasialis selama pertandingan. Ia menyebut dirinya menghargai setiap etnis yang ia temui. "Saya ingin nyatakan satu hal, saya bukan rasis. Saya punya teman di setiap negara dan menghargai keragaman. Semua orang harus tahu itu," ujarnya.

Austria akan menghadapi Belanda di pertandingan selanjutnya pada Kamis (17/6) waktu setempat. Sementara Macedonia Utara akan menantang Ukraina.

Terkait


 Pelatih kepala Jerman Joachim Loew bereaksi selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Jerman di Munich, Jerman, 19 Juni 2021.

Loew Senang Jerman Tunjukkan Mentalitas Hebat

Antoine Griezmann (kiri) dari Prancis merayakan golnya ke gawang Hungaria bersama rekan setimnya Ousmane Dembele dalam pertandingan Grup F Euro 2020.

Griezmann Nilai Faktor Penonton Buat Prancis Gagal Menang

Denzel Dumfries dinobatkan sebagai pemain terbaik atau star of the match laga Belanda vs Ukraina di Euro 2020.

Bek Belanda Ini Nyaman dengan Posisi yang Diberikan De Boer

Lorenzo Insigne (kiri) dan Gareth Bale akan beradu ketajaman saat Italia menghadapi Wales dalam laga terakhir Grup A Euro 2020.

Infografis Italia vs Wales: Laga Penentuan Juara Grup A

Aksi Robin Gosens dari Jerman di Euro 2020.

Gosens Hadirkan Senyum di Wajah Joachim Loew

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image