Selasa 15 Jun 2021 06:23 WIB

Arab Saudi Umumkan Tiga Paket Biaya Haji Mulai Rp 46 Juta

Periode pendaftaran haji akan dibuka mulai 13 Juni hingga 23 Juni 2021.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi Umumkan Tiga Paket Biaya Haji Mulai Rp 46 Juta. Umat Muslim, yang menjaga jarak, melakukan sholat Jumat saat mereka tiba untuk menunaikan Umrah, di Masjidil Haram, di kota suci Mekkah, Arab Saudi, 26 Februari 2021.
Foto: Saudi Press Agency/Handout via REUTERS
Arab Saudi Umumkan Tiga Paket Biaya Haji Mulai Rp 46 Juta. Umat Muslim, yang menjaga jarak, melakukan sholat Jumat saat mereka tiba untuk menunaikan Umrah, di Masjidil Haram, di kota suci Mekkah, Arab Saudi, 26 Februari 2021.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi mengumumkan persyaratan dan tata cara pendaftaran haji 2021. Informasi ini disampaikan melalui portal elektronik jamaah haji dalam negeri.

Tak hanya itu, kementerian haji juga mengizinkan perempuan mendaftar haji tanpa wali laki-laki (mahram) bersama dengan perempuan lain. Muslim yang ingin melakukan haji diharuskan mendaftar masing-masing.

Baca Juga

Dilansir di Saudi Gazette, Selasa (15/6), dalam pelaksanaan ibadah haji tahun ini, kementerian telah mengumumkan tiga paket haji. Paket pertama diberi nama Hospitality Package Camps seharga 12.113 riyal Saudi atau Rp 46 juta.

Paket kedua adalah Distinguished Hospitality Camps dihargai 14.381 riyal atau Rp 54,6 juta. Sementara, paket ketiga Distinguished Hospitality Towers seharga 16.560 riyal atau setara Rp 62,9 juta.

Adapun persyaratan yang harus dimiliki calon jamaah haji, antara lain berusia 18 sampai 65 tahun, memiliki kondisi kesehatan yang baik, telah mendapatkan vaksin Covid-19, serta bebas dari penyakit kronis. Pendaftaran calon jamaah haji ini akan tersedia bagi warga negara dan penduduk di dalam Arab Saudi atau ekspatriat yang tidak melakukan haji dalam lima tahun terakhir.

Periode pendaftaran haji akan dibuka mulai 13 Juni hingga 23 Juni melalui http://localhaj.haj.gov.sa. Pada 25 Juni akan dimulai pendaftaran tahap kedua yang meliputi penyortiran dan penyelesaian pendaftaran.

Kementerian mengatakan pembayaran dan pembelian paket harus dalam waktu tiga jam setelah calon jamaah memilih paket untuk menghindari pembatalan otomatis. "Penyortiran dilakukan berdasarkan standar kesehatan dan regulasi. Dengan mempertimbangkan kelompok usia. Prioritas adalah untuk aplikasi terdaftar yang belum pernah melakukan haji sebelumnya,” ujar kementerian. 

https://saudigazette.com.sa/article/607732/SAUDI-ARABIA/Ministry-reveals-3-packages-for-Hajj-costs-from-SR12000-to-16000

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement