Cetak Gol Indah, Schick Sudah Amati Pergerakan Kiper Lawan

Red: Endro Yuwanto

Striker Republik Ceko Patrik Schick merayakan gol keduanya pada pertandingan Grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Skotlandia dan Republik Ceko, di Stadion Hampden Park di Glasgow, Skotlandia, Senin, 14 Juni 2021.
Striker Republik Ceko Patrik Schick merayakan gol keduanya pada pertandingan Grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Skotlandia dan Republik Ceko, di Stadion Hampden Park di Glasgow, Skotlandia, Senin, 14 Juni 2021. Foto: AP/Petr David Josek
Ini jadi gol jarak terjauh dalam sebuah laga babak utama Euro sepanjang sejarah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyerang tim nasional (timnas) Republik Ceko Patrik Schick mengakui sudah mengamati pergerakan kiper Skotlandia David Marshall sejak babak pertama. Ia lalu mencetak gol indahnya dalam pertandingan Grup D Euro 2020 di Hampden Park, Glasgow, Senin (14/6).

Schick mencetak gol keduanya dengan tendangan dari dekat garis tengah lapangan. Bola tidak mampu dikejar oleh Marshal yang ketika serangan balik Ceko dimulai berdiri di luar kotak penalti Skotlandia.

Menurut laman pencatat statistik Opta, ini merupakan gol jarak terjauh dalam sebuah pertandingan babak utama Euro sepanjang masa.

"Sepanjang laga saya terus melihat di mana kiper lawan berdiri, situasi semacam itu bisa muncul. Lantas situasi itu datang dan saya lihat ia jauh dari gawangnya sehingga saya melepaskan tendangan itu," ujar Schick selepas laga dilansir laman resmi UEFA. "Sungguh fantastis ketika melihat bola masuk dengan sempurna. Saya segera berlari untuk merayakan dengan suporter kami yang ada di stadion."

Schick memborong dua gol kemenangan Ceko atas Skotlandia, setelah membuka keunggulan timnya tiga menit jelang turun minum lewat sundulan dalam situasi sepak pojok. Kendati demikian, striker 25 tahun ini memberi kredit besar terhadap penampilan rekannya, kiper Tomas Vaclik, yang disebutnya bermain fenomenal menggagalkan beberapa peluang berbahaya Skotlandia.

"Tomas Vaclik sangat fenomenal hari ini, ia banyak membantu kami," kata Schick memuji. "Jika Skotlandia mencetak satu gol saja, pertandingan akan berubah menjadi kegugupan bagi kami."

Dengan dua gol itu, Schick saat ini berbagi tempat dengan penyerang Belgia Romelu Lukaku sebagai top skorer sementara Euro 2020. Schick tentu berharap bisa menambah pundi-pundi golnya, tetapi penyerang Bayer Leverkusen itu menegaskan yang terpenting adalah Ceko tampil dengan semangat dan kepaduan yang sama untuk dua pertandingan sisa di Grup D.

Ceko pada edisi 2016 berakhir sebagai juru kunci di fase penyisihan grup, hanya empat tahun setelah mencapai perempat final.

"Kami harus menghadapi dua pertandingan berikutnya melawan Kroasia dan Inggris dengan kerja sama dan semangat yang sama," kata Schick. "Kami harus mengerahkan kemampuan lebih untuk dua pertandingan itu. Saya yakin kami akan bisa tampil bagus."

Ceko saat ini memimpin klasemen sementara Grup D berbekal keunggulan selisih gol dan akan menghadapi Kroasia di Hampden Park, Jumat (18/6), sebelum terbang ke London melawan Inggris empat hari berselang.

Terkait


Para pemain Skotlandia berbaris sebelum pertandingan Grup D Euro 2020 antara Skotlandia dan Republik Ceska di Stadion Hampden Park di Glasgow, Skotlandia, Senin (14/6).

Andrew Robertson: Lini Depan Skotlandia Masih Lemah

Pemain timnas Spanyol Alvaro Morata (kiri)  dan pemain Swedia Pierre Bengtsson melakukan sundulan pada pertandingan sepak bola Grup E Euro 2020 antara Spanyol dan Swedia, di Stadion La Cartuja di Sevilla, Spanyol, Selasa (15/6) dini hari WIB.

Fakta Menarik Usai Spanyol Imbang 0-0 Kontra Swedia

Bintang timnas Portugal Cristiano Ronaldo.

Belum Tampil di Euro 2020, Cristiano Ronaldo Tatap Rekor

Pelatih timnas Polandia Paulo Sousa.

Pelatih Polandia Soroti Kelalaian Lini Belakang Skuadnya

Marko Arnautovic (kanan) dari Austria merayakan gol dengan rekan setimnya David Alaba selama pertandingan penyisihan Grup C Euro 2020 antara Austria dan Makedonia Utara di Bucharest, Rumania, 13 Juni 2021.

Arnautovic Minta Maaf Setelah Diduga Lontarkan Gestur Rasis

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image