Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Pastikan Kesehatan Kucing Saat Memeliharanya

Selasa 15 Jun 2021 02:07 WIB

Rep: Ali Yusuf/ Red: Gita Amanda

Pemilik kucing harus rutin memeriksa kesehatan kucingnya dan memastikan bahwa mereka selalu sehat, bahagia, dan dalam kondisi terbaik. (ilustrasi)

Pemilik kucing harus rutin memeriksa kesehatan kucingnya dan memastikan bahwa mereka selalu sehat, bahagia, dan dalam kondisi terbaik. (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Maulana Surya
Kucing dianjurkan untuk bermain beberapa kali dalam sehari selama sekitar 10-15 menit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 membuat adopsi kucing meningkat di masyarakat Indonesia. Karena kucing menjadi teman setia yang ramah bagi pemilik rumah, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memelihara kucing.

Dokter Hewan Siti Zaenab menyarankan, pemilik baru kucing dapat menggunakan checklist  C.A.T.S. untuk memeriksa kesehatan kucingnya dan memastikan bahwa mereka selalu sehat, bahagia, dan dalam kondisi terbaik dengan empat indikator, yaitu bulu, nafsu makan, perilaku dan ukuran. Untuk terus  menjaga pertumbuhan sehatnya, kucing juga perlu mengeluarkan energinya dengan berolah raga.

"Kucing dianjurkan untuk bermain beberapa kali dalam sehari selama sekitar 10-15 menit," katanya.

Permainan itu mulai dari mengejar mainan favorit mereka hingga berjalan santai mengelilingi kompleks rumah, yang bisa menjadi kebiasaan yang menyenangkan bersama pemilik. Setelah berolah raga, pemilik harus menjaga kucingnya tetap bersih.  

Meskipun kucing sangat pintar dalam merawat diri sendiri, pemilik tetap harus menyisirnya setidaknya tiga kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan bulunya. Kucing akan dalam kondisi terbaiknya  jika ia sehat, bahagia, dan dicintai. 

Dengan memperhatikan perilaku dan kebutuhannya, pemilik juga menjalin hubungan penuh kasih dengan kucingnya dan menciptakan ikatan manusia-hewan yang sangat unik. Sedikit perhatian dari pemilik dapat membuat perubahan yang sangat besar dalam kehidupan dan kesejahteraan si kucing.

"Siapa pun dapat berkomitmen untuk mengadopsi kucing, tetapi memahami serta menghormati kebutuhanlah yang akan memperlancar dan  membuat hubungan itu jauh lebih baik untuk jangka  panjang," kata dokter Zaenab.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA