Senin 14 Jun 2021 21:21 WIB

Jurnalis AS di Myanmar Dibebaskan

Pemimpin redaksi Kamayut Media tersebut akan dideportasi ke AS pada Selasa besok

Red: Nur Aini
Junta Myanmar membebaskan jurnalis berkewarganegaraan Amerika Serikat, Nathan Maung, pada Senin hari ini (14/6)
Junta Myanmar membebaskan jurnalis berkewarganegaraan Amerika Serikat, Nathan Maung, pada Senin hari ini (14/6)

REPUBLIKA.CO.ID, YANGON -- Junta Myanmar membebaskan jurnalis berkewarganegaraan Amerika Serikat, Nathan Maung, pada Senin hari ini (14/6), setelah lebih dari tiga bulan mendekam di Penjara Insein.

Angkatan bersenjata menangkap pemimpin redaksi Kamayut Media tersebut bersama salah satu pendirinya, Hanthar Nyein, setelah menggerebek kantor mereka, 9 Maret 2021. Keduanya dituduh menyebarkan komentar yang menimbulkan ketakutan, menyebarkan berita palsu atau menghasut pegawai pemerintah melakukan tindakan kriminal dengan ancaman hukuman tiga tahun penjara.

Baca Juga

Nathan dan Hanthar dilaporkan sempat disiksa saat di pusat interogasi, sebelum dipindahkan ke Penjara Insein. Media lokal, Myanmar Now melaporkan Hanthar Nyein masih ditahan saat berita ini dibuat.

Menurut kuasa hukum Nathan, Tin Zar Oo, penggugat dalam kasus tersebut mencabut dakwaan terhadap Nathan. Kemudian, kata Tin, pengadilan memerintahkan pembebasan Nathan karena belum didakwa.

Tin mengungkapkan Nathan akan dideportasi ke AS pada Selasa, meskipun tetap harus menghabiskan Senin malam di pusat interogasi.

“Hari ini dia (Nathan) dites Covid-19 dan dia akan terbang pulang besok apabila bebas Covid-19—langsung ke AS, sebagaimana kami diberitahu,” kata Tin dikutip dari Myanmar Now, Senin.

Jurnalis berkewarganegaraan AS lain yang ditahan rezim militer yakni redaktur pelaksana media lokal, Frontier Myanmar, bernama Danny Fenster. Danny ditahan tidak lama sebelum dia dijadwalkan naik pesawat menuju Kuala Lumpur, Malaysia, 24 Mei 2021.

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/jurnalis-as-di-myanmar-dibebaskan/2273380
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement