Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Tuesday, 17 Zulhijjah 1442 / 27 July 2021

Sinyal Kembalinya Buffon ke Parma Makin Kuat

Selasa 15 Jun 2021 00:17 WIB

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar

Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon

Foto: AP Photo/Antonio Calanni,
Buffon disebut-sebut tengah bersiap kembali ke klub pertama karier profesionalnya

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Penjaga gawang asal Italia, Gianluigi Buffon, memutuskan untuk menyudahi kiprahnya bersama Juventus seiring dengan berakhirnya kompetisi musim lalu.

Keputusan Buffon ini pun seiring dengan berakhirnya kontrak bersama I Bianconeri, yang habis pada 30 Juni 2021. Sempat dikabarkan bakal pensiun, penjaga gawang berusia 43 tahun itu ternyata melirik kemungkinan lain.

Buffon disebut-sebut tengah bersiap kembali ke klub pertama tempat eks kiper Paris Saint Germain (PSG) itu mengawali karier profesional, Parma. Bahkan, sinyal kembalinya Buffon ke Parma dikabarkan kian menguat.

''Gigi Buffon mengonfirmasi tidak mau pensiun dan akan tetap merumput pada musim depan. Dia akan bergabung bersama Parma di divisi kedua,'' tulis jurnalis asal Italia, Fabrizio Romano, di akun twitter miliknya, Senin (14/6).

Sempat berhasil kembali tampil di kasta tertinggi kompetisi sepak bola di Italia pada musim 2018/2019, Parma memang harus rela terdegradasi pada musim lalu. I Gialloblu hanya mampu mengumpulkan 20 poin dari 38 dan terpuruk di dasar klasemen akhir Serie A musim lalu.

Kendati Parma bakal tampil di Serie B pada musim depan, Buffon dikabarkan tetap bersedia membela I Gialloblu. Bahkan, Buffon disebut-sebut sudah sepakat dengan tawaran durasi kontrak dari manajemen Parma.

''Buffon akan kembali ke klub dimana dia memulai karier pada 26 tahun lalu. Kontrak Buffon akan segera ditandatangani dengan durasi hingga 2023 mendatang,'' lanjut cuitan Romano tersebut.

Sebelum bergelimang prestasi dengan Juventus, termasuk 10 gelar Scudetto, satu titel Serie B, lima gelar juara Coppa Italia, Buffon mengawali karier di Parma.

Buffon merupakan jebolan akademi sepak bola Parma dan memperkuat tim junior pada 191 hingga 1995. Buffon akhirnya dipercaya menghuni tim utama Parma pada 1995.

Selama enam musim memperkuat Parma, Buffon tercatat telah tampil di 220 laga di semua ajang. Peforma apik Buffon bersama Parma pun mengantarkan penjaga gawang yang mengantarkan Italia merengkuh gelar juara Piala Dunia 2006 itu dipinang Juventus pada 2001.

Pada saat itu, Juventus menebus Buffon dengan nilai transfer dikabarkan mencapai 52 juta euro.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA