Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Kiat Konsumsi Buah untuk Cegah Diabetes

Selasa 15 Jun 2021 06:30 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Konsumsi dua porsi buah per hari dapat menurunkan risiko diabetes.

Konsumsi dua porsi buah per hari dapat menurunkan risiko diabetes.

Foto: Pixabay
Konsumsi dua porsi buah per hari dapat menurunkan risiko diabetes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsumsi dua porsi buah per hari dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Salah satu di antaranya adalah menurunkan risiko diabetes.

Hal ini diungkapkan dalam sebuah studi berbasis populasi di Australia dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism. Menurut studi yang dilakukan Nicola P Bondonno PhD dan tim ini, konsumsi dua porsi buah per hari dapat menurunkan risiko diabetes hingga 36 persen dalam lima tahun pada orang dewasa, dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi kurang dari setengah porsi buah per hari.

Baca Juga

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa asupan buah yang lebih tinggi berkaitan dengan sensitivitas insulin yang lebih tinggi. Kondisi tersebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Selain itu, jenis buah yang dikonsumsi juga tampak turut mempengaruhi hasil atau manfaat yang didapatkan. Berdasarkan studi, konsumsi lebih banyak apel dibandingkan buah sitrus atau pisang berkaitan dengan hasil atau manfaat yang lebih baik.

"Ini menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak buah (khususnya apel) memproduksi lebih sedikit insulin utnuk menurunkan kadar gula darah mereka," pungkas Bondonno dalam pernyataan resmi yang dirilis oleh Endocrine Society, seperti dilansir WebMD, Senin (14/6).

Hal tersebut memiliki dapak yang penting. Alasannya, kadar insulin beredar yang tinggi atau hiperinsulinemia dapat merusak pembuluh darah.

"Yang tak hanya berkaitan denagn diabetes, tetapi juga tekanan darah yang tinggi, obesitas, dan penyakit jantung," papar Bondonno.

Rekomendasi mengonsumsi dua porsi buah per hari di mana satu porsi adalah 150 gram buah juga dianjurkan oleh Australian Food Guidelines. Besaran satu porsi buah ini setara dengan apel, jeruk, atau pisang berukuran sedang.

Namun, penyajian buah ini akan sangat memberikan dampak yang berbeda. Manfaat baik dari buah bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi buah utuh. Mengonsumsi buah yang sudah diolah menjadi jus tampak tidak berkaitan dengan kadar gula darah, kadar insulin, atau risiko diabetes yang lebih rendah.

Sebaliknya, jus buah cenderung memiliki kandungan gula yang lebih besar. Selain itu, jus buah juga memiliki lebih sedikit serat yang sebenarnya baik untuk tubuh.

"Mempromosikan diet dan gaya hidup sehat yang melibatkan konsumsi buah populer sepert apel, pisang, dan jeruk, yang memiliki ketersediaan luas, dapat menurunkan kejadian (diabetes tipe 2)," ungkap tim peneliti.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA