Senin 14 Jun 2021 16:06 WIB

Pelatih Skotlandia Optimistis Hadapi Republik Ceska

Ceska memiliki kekuatan lain dari Inggris dan Kroasia.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Muhammad Akbar
Pelatih kepala Skotlandia Steve Clarke
Foto: EPA-EFE/ROBERT PERRY
Pelatih kepala Skotlandia Steve Clarke

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW -- Timnas Skotlandia akan menghadapi Republik Ceska pada laga pertama Grup D Euro 2020, yang berlangsung di Stadion Hampden Park, Senin (14/6) malam WIB nanti.

Pelatih Skotlandia Steve Clarke menegaskan timnya berada di dalam klasemen grup yang sulit bersama timnas Republik Ceska, Kroasia, dan Inggris.

Meski begitu, Clarke kerasaan the Tartan Army mampu bersaing dengan para lawan di atas lapangan dan bakal membuktikan pada laga awal versus Ceska.

"Ceska memiliki kekuatan lain dari Inggris dan Kroasia. Tapi, saya cukup yakin tim ini bisa bersaing," kata Clarke menjelang laga dikutip laman resmi UEFA, Senin (14/6).

Skotlandia merupakan tim yang tidak difavoritkan untuk bisa melangkah lebih jauh dari perjalanan kejuaraan Piala Eropa musim ini.

Akan tetapi, Andy Robertson dan kawan-kawan memiliki modal yang cukup meyakinkan untuk bisa berbicara banyak ketika bersaing di fase grup. The Tartan Army tidak terkalahkan dalam lima partai terakhir dengan meraih dua kemenangan dan tiga imbang.

"Saya tidak peduli siapa pemain yang akan saya pilih pada partai pertama kami. Saya hanya menuntut mereka untuk menunjukkan kekuatan terbaik selama pertandingan," sambung Clarke.

Pelatih berusia 57 tahun menambahkan dirinya sangat yakin dengan skuad saat ini. Meski Skotlandia berada dalam tekanan, dan tidak bermain di kompetisi besar sejak 1998 Clarke tetap optimistis dengan pengalaman dan materi pemain yang ada.

Skotlandia memiliki beberapa pemain yang akrab dengan kompetisi elit Benua Biru. Bahkan beberapa diantaranya berhasil mencapai kesuksesan di level klub seperti Andy Robertson dengan Liverpool, dan Billy Gilmour bersama Chelsea.

Selain itu negara serumpun Inggris juga masih mempunyai dua pemain andalan Manchester United, serta Arsenal yaitu Scott McTominay, dan Kieran Tierney. Praktis keempat pemain di atas bakal jadi kekuatan mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement