Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Tips Menjalani Keseharian Setelah Pulih dari Covid-19

Senin 14 Jun 2021 14:14 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Bagi mereka yang baru pulih dari Covid-19, kemungkinan kelelahan akan berlanjut.

Bagi mereka yang baru pulih dari Covid-19, kemungkinan kelelahan akan berlanjut.

Foto: www.freepik.com.
Bagi mereka yang baru pulih dari Covid-19, kemungkinan kelelahan akan berlanjut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelelahan akibat merasa penat sehari-hari adalah hal wajar. Hanya, seseorang tetap perlu mengatasi perasaan tidak senang itu agar menjalani kehidupan yang berkualitas. Bagi orang yang telah melewati masa pemulihan Covid-19, kemungkinan kelelahan akan berlanjut dalam beberapa waktu.

“Gejalanya bisa kelelahan, lebih banyak tidur, kelemahan dan kesulitan dalam memori, konsentrasi,” kata Dr Rohini Patil, pendiri dan CEO Nutracy Lifestyle, dikutip Indian Express, Senin (13/6).

Baca Juga

Untuk membantu mereka yang pulih dari virus, Dr Patil membagikan beberapa tips sederhana sebagai berikut.

 

1. Mengisolasi diri

Penting untuk mengisolasi diri selama beberapa hari setelah pemulihan Covid karena tubuh terasa lemah dan kemungkinan terkena penyakit lebih tinggi. Ikuti panduan yang diinstruksikan oleh pemerintah, dan Anda boleh berlibur serta fokus pada istirahat atau isolasi diri sampai pulih sepenuhnya

 

2. Beristirahat

Istirahat yang cukup sangat penting untuk penyembuhan akibat tubuh melawan infeksi. Tubuh dan pikiran perlu istirahat untuk pemulihan. Cobalah untuk bersantai. Hindari menghabiskan waktu menonton televisi, media sosial dan ponsel pintar.

Anda bisa melakukan yoga, meditasi, latihan pernapasan agar tetap tenang dan merasa lebih baik. Mendengarkan musik yang tenang, memijat minyak, misalnya, dapat membantu untuk bersantai. Hindari stres, latihan berat karena tubuh lemah dan masih dalam pemulihan.

 

3. Tidur

Tidur yang cukup sangat penting untuk pemulihan karena memberikan pikiran dan tubuh Anda istirahat. Pastikan menerapkan kebiasaan tidur yang sehat. 

 

4. Makanan

Pertahankan pola makan yang sehat. Pastikan Anda mengonsumsi semua nutrisi seperti vitamin, protein, karbohidrat, serat, dan lainnya. Minum cukup air agar tetap terhidrasi. Dehidrasi adalah alasan lain untuk kelemahan. Minum cairan seperti jus jeruk, jus semangka, hingga air kelapa untuk tetap terhidrasi.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA