Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Wednesday, 18 Zulhijjah 1442 / 28 July 2021

Konsumsi Yoghurt Turunkan Risiko Jantung Koroner

Senin 14 Jun 2021 13:42 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah

Studi sebut yoghurt kurangi sakit jantung koroner bila dikonsumsi rutin.

Studi sebut yoghurt kurangi sakit jantung koroner bila dikonsumsi rutin.

Foto: Flickr
Studi sebut yoghurt kurangi sakit jantung koroner bila dikonsumsi rutin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga kesehatan jantung Anda melibatkan lebih dari sekadar berolahraga. Menurut sebuah studi, Anda dapat secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengonsumsi yoghurt dua kali sepekan.  

Banyak yang sudah menyukai yogurt karena camilan mudah dan serbaguna yang bisa Anda tambahkan dengan bahan-bahan segar. Tetapi sebuah penelitian besar yang diterbitkan dalam American Journal of Hypertension pada tahun 2018 menemukan bahwa makan dua atau lebih porsi yogurt dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga

"Kami berhipotesis bahwa asupan yogurt jangka panjang dapat mengurangi risiko masalah kardiovaskular karena beberapa penelitian kecil sebelumnya telah menunjukkan efek menguntungkan dari produk susu fermentasi," ujar Justin Buendia, PhD, salah satu penulis studi tersebut, dilansir di Best Life Online, Senin (14/6).

"Di sini, kami memiliki kohort pria dan wanita hipertensi yang sangat besar, yang diikuti hingga 30 tahun," lanjutnya.

Para peneliti dari Boston University dan Harvard Medical School memeriksa catatan kesehatan lebih dari 55 ribu wanita dengan tekanan darah tinggi antara usia 30 dan 55 dan 18 ribu pria antara usia 40 dan 55.  Setiap peserta kemudian mencatat diet harian mereka dan diagnosis medis apa pun, termasuk serangan jantung, stroke, atau kondisi lain.

Studi tersebut menunjukkan bahwa dari mereka yang mengonsumsi yoghurt dua kali seminggu atau lebih, pria 19 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita serangan jantung dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi produk susu. Wanita melihat penurunan yang sangat besar, menjadi 30 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami keadaan darurat jantung. Namun, baik pria maupun wanita yang mengonsumsi yogurt secara teratur mengalami penurunan risiko penyakit jantung koroner hingga 20 persen.

"Hasil kami memberikan bukti baru yang penting bahwa yogurt dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung saja atau sebagai bagian konsisten dari diet kaya serat, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian," kata Buendia.

Jika Anda ingin mulai memasukkan lebih banyak yogurt ke dalam makanan Anda, Anda tidak boleh mengambil sembarang produk saat Anda berada di toko bahan makanan. Karena banyak merek yoghurt yang dikemas dengan gula, meskipun dibuat dengan buah asli. Pemanis buatan yang tidak sehat dapat membuat tubuh Anda ketagihan di kemudian hari.

Sebaliknya, pilihan terbaik memilih plain yoghurt sehingga Anda dapat mencampurnya dengan bahan-bahan segar. Yoghurt tawar tanpa lemak adalah yang terbaik. Baik yoghurt asli dan greek yoghurt adalah sumber protein, kalsium, dan probiotik yang sangat baik.

Penelitian terbaru lainnya menunjukkan bahwa yogurt mungkin bukan satu-satunya produk susu yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.  Sebuah studi baru yang diterbitkan pada 24 Mei di International Journal of Obesity menemukan bahwa minum susu setiap hari juga bisa sangat baik untuk jantung Anda.

Studi tersebut menemukan bahwa peminum susu yang meneguk setidaknya satu gelas susu sehari memiliki risiko 14 persen lebih rendah terkena penyakit jantung koroner. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA