Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Friday, 27 Zulhijjah 1442 / 06 August 2021

Djokovic Selangkah Lagi Samai Nadal-Federer

Senin 14 Jun 2021 06:10 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Novak Djokovic mencium trofi juara Prancis Terbuka 2021.

Novak Djokovic mencium trofi juara Prancis Terbuka 2021.

Foto: EPA-EFE/CAROLINE BLUMBERG
Raihan trofi Prancis Terbuka 2021 menambahkan koleksi gelar grand slam-nya jadi 19.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Novak Djokovic menjuarai Grand Slam lapangan tanah liat keduanya setelah memenangkan final French Open 2021 atau Prancis Terbuka atas unggulan kelima Stefanos Tsitsipas 6-7(6), 2-6, 6-3, 6-2, 6-4, Senin (14/6) dini hari WIB. 

"Pertandingan ini tidak mudah, secara fisik dan mental ini sangat sangat sulit bagi saya. Selalu saya pikirkan dalam tiga hari ini. Saya percaya kepada kapasitas dan permainan saya. Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan," kata Djokovic setelah pertandingan.

Sempat tertinggal dua set, membuat kemenangan Djokovic atas Rafael Nadal dalam semifinal yang dicapai susah payah sepertinya akan berakhir sia-sia. Namun unggulan teratas ini bisa membalikkan keadaan untuk mengamankan gelar Grand Slam ke-19. Djokovic yang pertama kali juara di Roland Garrospada 2016 ini berusaha keras melalui set ketiga dan keempat saat Tsitsipas kehilangan intensitasnya.

Masuk set kelima, Tsitsipas berusaha melancarkan serangan pada awal set namun dihalau oleh Djokovic yang sudah menemukan ritme permainan. Djokovic yang dikenal dengan pertahanannya yang solid, tak membiarkan Tsitsipas mencetak nilai dengan mudah.

Dalam waktu empat jam 11 menit, petenis peringkat satu ATP itu pun menorehkan sejarah baru menjadi petenis yang mengoleksi minimal dua kemenangan dalam setiap Grand Slam. Dengan pencapaiannya di Paris itu, dia hanya tertinggal satu gelar Grand Slam dari rekor 20 gelar yang dimiliki Nadal dan Roger Federer.

Sementara itu Tsitsipas terlihat sedih setelah kalah dalam babak final Grand Slam perdananya. Ambisinya sebagai "Next Gen ATP" untuk mendobrak dominasi tiga petenis terbaik dunia pun pupus.

"Ini adalah pertarungan besar, saya sudah berusaha sebaik-baiknya dan melakukan sebanyak yang saya bisa," kata Tsitsipas.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA