Kunci Kemenangan Belanda Menurut Frank de Boer

Red: Yudha Manggala P Putra

Pemain Belanda merayakan gol mereka ke gawang Ukraina dalam laga Grup C, di Amsterdam, Senin (14/6) dini hari WIB.
Pemain Belanda merayakan gol mereka ke gawang Ukraina dalam laga Grup C, di Amsterdam, Senin (14/6) dini hari WIB. Foto: EPA/John Thys
Belanda vs Ukraina berakhir 3-2 setelah sempat imbang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Belanda menang 3-2 atas Ukraina dalam pertandingan Euro 2020 di Amsterdam, Senin dini hari WIB, karena terus menekan dan tak memberikan kesempatan Ukraina mengembangkan permainannya, kata pelatih timnas Belanda Frank de Boer.

"Kami harus berusaha untuk tidak memberikan momen-momen berbahaya kepada lawan kami itu," sambung de Boer kepada laman uefa.com.

Pelatih yang menggantikan Ronald Koeman setahun lalu itu sejak awal tidak menganggap remeh Ukraina, sebaliknya dia menyebut tim asuhan Andriy Shevchenko itu tim yang bagus. "Kami sudah tahu Ukraina itu tim yang bagus. Ketika mereka menghadapi tekanan dari kami, mereka mampu bermain melawannya dan mencari peluang-peluang baru," kata de Boer.

"(Oleksandr) Zinchenko mengubah posisinya, dia dimainkan sebagai sayap kiri setelah Marlos digantikan. Pertahanan kami goyah, itulah alasannya kami kemasukan gol kedua. Ini hal yang harus kami pelajari untuk lain kali nanti," kata de Boer.

Sementara itu Zinchenko mengungkapkan kekecewaan timnya kalah melawan Belanda padahal sudah memberikan perlawanan yang heroik. "Kami kecewa sekali karena kami sudah menunjukkan karakter dan menyamakan skor dalam pertandingan seberat ini," kata gelandang Manchester City ini.

"Memang selalu menyakitkan kebobolan pada menit-menit terakhir tetapi inilah sepakbola," kata Zinchenko. "Kami harus belajar dari kesalahan kami dan jalan terus karena turnamen ini tidak berakhir setelah satu pertandingan," sambung dia.

Rekannya, kiper Georgiy Bushchan, sepakat dengan menyatakan Ukraina sudah bermain bagus. "Kami memberikan Belanda tantangan bagus dan kami menatap masa depan dengan harapan besar. Kami harus lebih fokus lagi di akhir, jadi kami mesti menarik hikmah dari pelajaran ini dan tetap konsentrasi ke pertandingan berikutnya," kata Bushchan.

"Secara umum saya senang pada penampilan tim kami. Saya percaya kepada tim kami dan yakin pada masa depan kami dalam Euro ini," tutup dia.

Terkait


 Pelatih kepala Jerman Joachim Loew bereaksi selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Jerman di Munich, Jerman, 19 Juni 2021.

Loew Senang Jerman Tunjukkan Mentalitas Hebat

Antoine Griezmann (kiri) dari Prancis merayakan golnya ke gawang Hungaria bersama rekan setimnya Ousmane Dembele dalam pertandingan Grup F Euro 2020.

Griezmann Nilai Faktor Penonton Buat Prancis Gagal Menang

Denzel Dumfries dinobatkan sebagai pemain terbaik atau star of the match laga Belanda vs Ukraina di Euro 2020.

Bek Belanda Ini Nyaman dengan Posisi yang Diberikan De Boer

Lorenzo Insigne (kiri) dan Gareth Bale akan beradu ketajaman saat Italia menghadapi Wales dalam laga terakhir Grup A Euro 2020.

Infografis Italia vs Wales: Laga Penentuan Juara Grup A

Aksi Robin Gosens dari Jerman di Euro 2020.

Gosens Hadirkan Senyum di Wajah Joachim Loew

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image