Senin 14 Jun 2021 03:06 WIB

Gempuran Belanda di Babak Pertama Nihil Hasil

Belanda lebih banyak menguasai bola, yakni 61 persen banding 39 persen.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Yudha Manggala P Putra
Laga Belanda vs Ukraina, di Johan de Cruff, Senin (14/6)
Foto: EPA/John Thys
Laga Belanda vs Ukraina, di Johan de Cruff, Senin (14/6)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Upaya Belanda mengemas kemenangan di laga perdana Grup C Euro 2020 masih belum membuahkan hasil. Penguasaan bola dan sepakan-sepakan yang dilakukan anak asuh Frank de Boer pada babak pertama belum dapat menggetarkan gawang Ukraina.

Pada paruh pertama pertandingan Belanda lebih banyak menguasai bola, yakni 61 persen banding 39 persen. Selain unggul penguasaan bola, Wijnaldum dkk juga mencatatkan 10 sepakan ke arah gawang Ukraina dengan tiga sepakan tepat sasaran. Ukraina hanya lima sepakan dan dua tepat sasaran.

Upaya para pemain Belanda mencetak gol tak kunjung membuahkan hasil lantaran Ukraina bermain bertahan dengan baik. Penjaga gawang Ukraina, Bushchan bermain apik dengan membuat penyelamatan atas upaya sepakan Wijnaldum.

Di akhir babak pertama, penyerang Belanda, Dumfries, juga gagal memanfaagkan peluang emas di dalam kotak penalti. Sundulannya belum menemui sasaran. Gawang tim asuhan Andriy Schevchenko di Johan Cruijff Arena masih belum kebobolan.

Belanda kembali ke turnamen bergengsi setelah gagal lolos kualifikasi Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018 di Rusia. Mereka akan memainkan semua laga mereka di Grup C di Amsterdam, dengan kunjungan dari Ukraina pada Ahad diikuti laga melawan Austria pada Kamis dan kemudian Makedonia Utara pada 21 Juni.

Ukraina saat ini menempati peringkat ke-24 FIFA akan menghadapi Belanda yang duduk delapan tempat di atas mereka. Ukraina tengah memulihkan diri dengan kembali ke turnamen bergengsi setelah melewatkan Euro edisi sebelumnya serta absen dari Piala Dunia 2018 di Rusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement