Ahad 13 Jun 2021 23:23 WIB

Web Development Handal Perlu Kuasai 3 Bahasa Pemrograman

Web development menawarkan pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi.

Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar webinar bertema Front end web development for beginner, Rabu (9/6).
Foto: Dok UNM
Prodi Sistem Informasi Universitas Nusa Mandiri (UNM) menggelar webinar bertema Front end web development for beginner, Rabu (9/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kuasai tiga bahasa pemrograman sebagai modal awal berkiprah di dunia pengembangan web. Menjadi seorang programmer web tentunya harus memiliki skill yang hebat tentang pemrograman. Program studi Sistem Informasi (SI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses gelar webinar bertema ‘Front end web development for beginner’. 

Webinar ini dilaksanakan pada Rabu (9/6), pukul 13.00 WIB secara daring via zoom. Webinar menghadirkan seorang alumnus kampus Nusa Mandiri, yang berkecimpung dalam bidang web development yaitu Medianto Jaelani selaku product owner at jubelio store (www.jubelio.store) dan Founder & CEO of Our wedding (www.our-wedding.link). Ia pernah bekerja juga sebagai Team Leader/Technical Lead for the F Thing di MNC Innovation Center. 

Medianto mengatakan jadi seorang Front End setidaknya harus kuasai tiga bahasa pemrograman yaitu HTML, CSS dan Javascript. Web developer jadi salah satu pekerjaan yang paling banyak dicari.

“Sektor web development menjadi salah satu bidang yang cukup menarik dan menjanjikan, menawarkan pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi. Oleh karena itu, sektor ini banyak yang melirik dan mencarinya,” ungkap Medianto saat memberikan materi webinar, Rabu (9/6).

Web developer bertugas membuat berbagai aplikasi dan website untuk klien dan perusahaan. Ini jadi peluang bagi mereka yang ingin terjun di dunia web development. Saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan seorang web developer.

“Front end developer merupakan profesi yang bertanggung  jawab untuk mengembangkan website dari sisi tampilan menggunakan HTML, CSS dan Javascript,” katanya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Tugas front end developer mulai dari menu, tombol interaksi dan gambar untuk meningkatkan pengalaman user saat buka website tujuan.

“Jadi front end harus kreatif dan punya skill desain yang cukup baik. Selain itu seorang front end juga harus memikirkan alur sebuah website, agar pengunjung nyaman saat berselancar pada website tujuan,” ujarnya. 

Sementara itu, Nurmalasari selaku moderator memberi tanggapan telah sukses terlaksananya webinar ini dan menyampaikan harapannya agar peserta semakin terbuka wawasannya.

“Semoga dengan suksesnya acara webinar ini peserta semakin bertambah wawasannya tentang web development dan lebih bersemangat lagi dalam mempelajari web development juga programming,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement