Senin 14 Jun 2021 01:30 WIB

Kasus Covid-19 dan Krisis Nakes, Ini Kata PPNI

PPNI minta masyarakat disiplin tegakkan prokes agar tak terjadi krisis nakes

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Christiyaningsih
Sejumlah tenaga kesehatan berjalan menuju ruang perawatan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/5/2021).
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Sejumlah tenaga kesehatan berjalan menuju ruang perawatan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/5/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meningkatnya kasus Covid-19 di Tanah Air, tak sedikit membuat tenaga kesehatan (nakes) ikut terpapar virus ini dan bisa mengakibatkan krisis tenaga medis. Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mengaku untuk menambah nakes perawat diserahkan kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di tingkat pusat dan dinas kesehatan (dinkes) di tingkat daerah.

Ketua Satgas Covid-19 DPP PPNI Jajat Sudrajat mengakui nakes termasuk perawat berisiko terpapar virus ini karena kelelahan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Terkait nakes perawat yang terpapar virus corona sehingga bisa membuat krisis nakes dan harus menambah tenaga kesehatan, ia mengaku PPNI hanya membantu merekrut relawan saja.

Baca Juga

"Terkait pemanfaatan dan penempatan diserahkan ke Kemenkes kalau pusat dan Dinkes kalau di daerah," katanya saat dihubungi Republika, Ahad (13/6).

Untuk mencegah semakin banyak nakes terpapar virus ini, PPNI meminta nakes harus disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) dan standar operasional prosedur (SOP) kerja. Instansi juga diminta harus mengatur jadwal kerja yang berimbang dan lebih baik jika diberikan suplemen dan fasilitas istirahat yang baik untuk menjaga kebugaran nakes.

Di lain pihak, Jajat meminta masyarakat harus tetap waspada. "Sebab, meski virus corona tidak terlihat, dia masih ada. Berani mengabaikan prokes, berarti berani mengambil risiko terburuk," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement