Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Khofifah: Wafatnya Kiai Nawawi Abdul Djalil, Duka Indonesia

Ahad 13 Jun 2021 22:11 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, berdoa untuk KH Nawawi Abdul Djalil

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, berdoa untuk KH Nawawi Abdul Djalil

Foto: Dokumen.
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berdoa untuk KH Nawawi Abdul Djalil

REPUBLIKA.CO.ID,  SURABAYA- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan umat Islam se-Indonesia berduka setelah Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, KH Nawawi Abdul Djalil wafat pada Ahad.

"Bukan Jatim saja yang berduka, tapi seluruh umat Islam se-Tanah Air," ujar Khofifah di Surabaya.

Baca Juga

KH A Nawawi Abdul Djalil adalah Mustasyar PBNU yang wafat pada Ahad, 13 Juni 2021, sekitar pukul 16.40 WIB di RS Raci Bangil Pasuruan, setelah mendapatkan perawatan selama empat hari di RS Lavalette Malang.

Khofifah yang merupakan orang nomor satu di Pemerintah Provinsi Jawa Timur tersebut menyampaikan duka cita mendalam dan berharap almarhum mendapat tempat terindah di sisi Allah SWT.

"Atas nama pemerintah provinsi dan masyarakat Jawa Timur, juga atas nama keluarga, kami berbela sungkawa sedalam-dalamnya," ucap Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama tersebut.

Gubernur Khofifah juga mengajak masyarakat muslim mendoakn KH Nawawi, dan santri serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran.

"Semoga keluarga dan para santri yang ditinggalkan juga diberikan ketabahan dan keikhlasan. Aamiin," kata mantan Menteri Sosial tersebut.Khofifah mengatakan KH Nawawi semasa hidupnya merupakan salah seoraang ulama kharismatik dan sangat berpengaruh yang dimiliki Jawa Timur.

Apalagi, kata dia, Pondok Pesantren Sidogiri sendiri adalah salah satu ponpes tertua di Indonesia yang memiliki banyak santri dan alumni tersebar di dalam maupun luar negeri.

Pesantren Sidogiri didirikan pada 1745 M oleh Sayyid Sulaiman bin Abdurrahman Basyaiban yang masih keturunan keempat Syekh Syarif Hidayatullah yang biasa dikenal dengan Sunan Gunung Jati.

KH Nawawi Abdul Jalil dikenal sebagai kiai sepuh (kiai khos) yang sangat dihormati di lingkungan Nahdlatul Ulama. Dalam Muktamar ke-33 NU di Jombang, Kiai Nawawi duduk sebagai anggota Ahlul Halli Wal-Aqdi (AHWA).

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA