Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Joe Biden Hadiri Jamuan Minum Teh Bersama Ratu Elizabeth II

Ahad 13 Jun 2021 21:37 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Dwi Murdaningsih

Presiden Joe Biden .

Presiden Joe Biden .

Foto: AP/Evan Vucci
Biden menjadi presiden keempat yang diterima Ratu Elizabeth II di Windsor.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan istrinya Jill menghadiri jamuan minum teh bersama Ratu Elizabeth II di Kastil Windsor pada Ahad (13/6). Jamuan tersebut berlangsung pada saat KTT G7 berakhir, dan mengakhiri perjalanan internasional pertama Biden di Inggris sejak menjabat.

Ratu Elizabeth II menyambut keluarga Biden di Quadrangle, yang merupakan rumah bagi keluarga kerajaan selama hampir seribu tahun. Ratu Elizabeth II telah menghabiskan sebagian besar waktunya di Kastil Windsor sejak  pandemi virus corona.

Baca Juga

Istana Buckingham mengatakan, setelah kedatangan Biden, Pengawal Kehormatan yang dibentuk dari Pengawal Grenadier Batalyon Pertama  akan memberikan Hormat Kerajaan, dan memainkan Lagu Kebangsaan AS. Ratu telah bertemu Biden dan istrinya pada Jumat (11/6) malam di Cornwall. 

"Joe dan saya sama-sama menantikan untuk bertemu dengan ratu," kata Jill Biden setelah mereka tiba di Inggris pada Kamis (10/6).  "Itu adalah bagian yang menarik dari kunjungan kami," tambahnya.

Biden menjadi presiden dan ibu negara keempat yang diterima Ratu Elizabeth II di Windsor. Sebelumnya Ratu telah bertemu dengan Donald Trump pada 2018, Barack Obama pada 2016,  George W. Bush dan istrinya pada 2008 dan Reagan pada 1982.

Ratu Elizabeth II pada April lalu telah kehilangan suaminya Pangeran Philip, yang meninggal dunia di usia 99 tahun. Sejak kepergian suaminya, ratu tetap  melanjutkan tugas resminya sebagai kepala negara selama KTT G7.

Setelah meninggalkan Windsor, Biden akan menuju ke pertemuan puncak NATO di Brussels pada Senin (14/6). Kemudian dilanjutkan pertemuan puncak AS-Uni Eropa pada Selasa (15/6), dan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Jenewa pada Rabu (16/6).

sumber : reuters
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA