Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Sunday, 15 Zulhijjah 1442 / 25 July 2021

Calon Presiden PDIP Ditentukan Megawati

Ahad 13 Jun 2021 19:13 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ratna Puspita

Politikus PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira

Politikus PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Menurut politikus PDIP, situasi tersebut tidak hanya terjadi pada PDIP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus PDI Perjuangan, Andreas Hugo Pareira, merespons hasil survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terkait calon presiden (capres) 2024. Andreas mengatakan capres PDIP akan ditentukan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Para ketum akan sangat menentukan (capres), di PDI Perjuangan tentu terutama Ibu Megawati Soekarnoputri karena memang diatur di dalam AD/ART Partai bahwa ketua umum itu memiliki hak prerogatif untuk memutuskan hal-hal yang sangat strategis yang bekaitan dengan kepentingan bangsa dan negara, kepentingan  partai politik di dalam situasi-situasi khusus," kata Andreas dalam diskusi hasil survei SMRC secara daring, Ahad (13/6).

Baca Juga

Menurut Andreas, situasi tersebut tidak hanya terjadi pada PDIP. Ia melihat ketua umum partai lain juga sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan calon presiden kedepan.

"Saya kira di Demokrat, meskipun Ketua Umumnya Pak AHY tetapi faktor Pak SBY itu akan sangat menentukan, karena suka tidak suka situasinya mereka adalah pendiri-pendiri partai yang sangat berpengaruh di partainya masing-masing, mungkin beda sedikit dengan Golkar tetapi situasi ini terjadi di pada umumnya partai," jelasnya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi hasil survei terkini SMRC. Hasil tersebut dinilai akan menjadi masukan bagi partai dalam menentukan proses kandidasi capres mendatang.

"Ini akan sangat membantu para elit partai dalam mempersiapkan capres cawapresnya atau dalam mempersiapkan diri untuk capres cawapres atau para capres potensial non elit partai untuk mempersiapkan diri," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA