Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Relawan Siap-Siap 2024, Jokowi: Sabar Dulu, Ojo Kesusu

Ahad 13 Jun 2021 18:38 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Ratna Puspita

Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Jokowi kerap ditanya relawan soal arahan menghadapi pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para relawan yang membawanya memenangi pilpres agar menunggu dan melihat peta politik menjelang pesta demokrasi 2024 nanti. Jokowi menyampaikan pernyataan itu saat membuka Rapimnas Sekretariat Nasional (Seknas) Jokowi, sebagai organisasi relawan yang mengusung Jokowi dalam pilpres sebelumnya. 

"Saya banyak ditanya relawan di mana mana. Mereka bertanya kepada saya, Pak apa arahan Bapak kepada kami dalam menghadapi pilpres 2024? Di kesempatan yang baik ini ingin saya sampaikan, sabar. Sabar dulu. Ojo kesusu," ujar Presiden Jokowi dalam sambutan Rapimnas Seknas Jokowi yang digelar Sabtu (12/6). 

Baca Juga

Menurut Jokowi, masih ada cukup waktu bagi para pendukungnya untuk melihat konstelasi politik dan peta politik menjelang pemilihan presiden tiga tahun lagi. "Mari kita pelajari bersama konstelasi politik kita pelajari bersama sama peta politiknya dengan baik," katanya. 

Jokowi mengingatkan, relawan Jokowi terbilang 'seksi' dan berpotensi untuk ditarik untuk bergabung kembali sebagai tim pemenangan oleh siapapun yang nanti bakal maju dalam pilpres 2024. Alasannya, relawan Jokowi terbukti sukses membawanya menjadi presiden dua periode berurutan. 

"Kenapa begitu? karena para relawan ini telah terbukti bisa mengantarkan saya jadi presiden RI dua periode. Bener ga Dan sekarang aja sudah ada relawan jokowi yang ditarik mendukung si A. Sudah ada yang dirayu mendukung si B. Dirangkul oleh si C. Tapi masih lebih banyak lagi yang masih menunggu," kata Jokowi. 

Melihat situasi di lapangan yang sudah mulai ada 'tarik-menarik' ini, Jokowi pun meminta relawannya untuk memilih menunggu dan mengamati kelanjutan dinamika politik yang terjadi. "Nanti pada saatnya, saya akan berbicara. Saya akan sampaikan kemana kapal besar relawan Jokowi ini akan kemudinya kita arahkan dan untuk saat ini, sekali lagi para relawan semua untuk fokus membantu pemerintah mengatasi pandemi covid yang disertai krisis kesehatan dan juga krisis ekonomi," kata presiden. 

Untuk saat ini, Jokowi mengingatkan, fokus pemerintah dan masyarakat haruslah penanganan pandemi Covid-19. Kesehatan dan keselamatan rakyat, ujarnya, harus menjadi prioritas. 

"Kepada para relawan untuk ikut mengawal agenda strategis nasional untuk menuju Indonesia maju," katanya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA