Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Batas Wajah yang Harus Dibasuh Saat Wudhu

Senin 14 Jun 2021 05:35 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Batas Wajah yang Harus Dibasuh Saat Wudhu

Batas Wajah yang Harus Dibasuh Saat Wudhu

Foto: Republika/Yasin Habibi
Perlu diketahui dulu batas-batas wajah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat sebuah pertanyaan dari seorang penanya kepada redaksi Islamweb terkait batas wajah yang harus dicuci saat berwudhu. Dan jawabannya ialah, Allah Subhanahu wa Ta'ala telah memerintahkan untuk membasuh wajah saat berwudhu.

Untuk memperjelas apa yang harus dibersihkan dalam kewajiban ini, maka perlu diketahui batas-batas wajah. Batas wajah adalah dari akar rambut depan kepala hingga bagian bawah dagu (ujung depan dua sisi tulang rahang), dan dari daun telinga hingga daun telinga lebarnya.  

Baca Juga

Kriterianya adalah tempat biasa dari mana rambut itu tumbuh. Jadi jika rambut seseorang tidak ada dari keningnya (misalkan bagian depan kepalanya botak), maka tempat yang tidak memiliki rambut ini adalah bagian dari kepalanya. Dan barangsiapa yang menumbuhkan rambut di keningnya, maka tempat tumbuh rambut ini adalah bagian dari wajah.

Adapun dagu berasal dari wajah merupakan ujung depan dari dua sisi tulang rahang tempat tumbuh gigi bawah. Rambut yang tumbuh di cambang merupakan bagian dari wajah. Adapun rambut yang bersebelahan dengan tulang temporal yang disebut dengan pelipis itu berasal dari kepala dan bukan dari wajah.

Demikian pula rambut yang tumbuh di ujung dahi bukan dari wajah, melainkan kepala. Batas-batas wajah dalam Al-Iqnaa:

"Batas wajah secara vertikal adalah antara akar rambut depan kepala dari garis rambut ke bawah dagu dan secara horizontal dari daun telinga ke daun telinga. Hal ini termasuk cambang, yaitu rambut yang tumbuh pada tulang yang menonjol dari gendang telinga dan tidak termasuk pelipis. Tidak termasuk rambut yang tumbuh di dua sisi dahi di sisi wajah, juga tidak termasuk dua sisi rambut depan karena semua itu berasal dari kepala."

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA