Senin 14 Jun 2021 00:59 WIB

Microsoft akan Boyong Gim Xbox Langsung ke TV

Gim Microsoft akan bisa dimainkan tanpa menggunakan konsol.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
(Foto: ilustrasi Xbox)
Foto: Public Domain Pictures
(Foto: ilustrasi Xbox)

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- Microsoft mengatakan sedang mengerjakan perangkat lunak untuk memungkinkan pengguna memainkan gim video Xbox di televisi yang terhubung ke internet tanpa memerlukan konsol. Berita itu muncul ketika Microsoft dan industri gim video kelas berat lainnya bersiap untuk memamerkan judul-judul yang akan datang di Electronic Entertainment Expo (E3) tahunan.

“Sebagai sebuah perusahaan, Microsoft memiliki segalanya untuk gaming,” kata kepala eksekutif Satya Nadella saat memperkenalkan rencana tersebut, dilansir dari Malay Mail, Ahad (13/6).

Baca Juga

“Tiga miliar konsumen melihat gim untuk hiburan, komunitas, kreasi serta rasa pencapaian yang nyata, dan ambisi kami adalah untuk memberdayakan masing-masing dari mereka, di mana pun mereka bermain,” ujarnya.

Micorosft telah bermain dengan kekuatan unit Xbox-nya saat bersaing dengan layanan cloud gaming Luna dan Stadia yang dijalankan, masing-masing, oleh Amazon dan Google. Tim Xbox bekerja dengan pembuat TV untuk menyematkan perangkat lunak yang memungkinkan gim video yang biasanya dinikmati di konsolnya dimainkan langsung dari cloud, hanya membutuhkan pengontrol genggam, menurut Micorosft.

Raksasa teknologi yang berbasis di Amerika Serikat (AS) itu juga mengumumkan sedang membangun perangkat yang akan dihubungkan ke layar televisi atau monitor komputer apa pun untuk mengalirkan permainan Xbox tanpa konsol apa pun.

Dalam beberapa pekan mendatang, cloud gaming dengan langganan Xbox Game Pass Ultimate akan dimungkinkan melalui browser internet Chrome, Edge dan Safari, menurut Microsoft.

“Masih ada tempat untuk konsol dan PS dan akan selalu ada, tetapi melalui cloud, kami akan dapat memberikan pengalaman bermain gim yang tangguh kepada siapa pun yang terhubung ke internet,” kata kepala unit Xbox Phil Spencer.

“Dan dengan cloud, pemain gim dapat berpartisipasi penuh dalam pengalaman Xbox yang sama dengan pengguna perangkat keras lokal,” ujarnya.

Xbox Game Pass memiliki sekitar 18 juta pelanggan di seluruh dunia pada akhir tahun lalu. Permainan gim video telah melonjak selama pandemi, ketika orang-orang beralih ke internet untuk hiburan.

Pengeluaran konsumen secara keseluruhan untuk gim video di AS hanya mencapai 15 miliar dolar AS pada kuartal pertama tahun ini, naik 30 persen dari periode yang sama pada 2020, menurut pelacak industri NPD Group. Microsoft akan melakukan streaming Xbox dan Bethesda Games Showcase pada Ahad (13/6), menampilkan gim dari studionya di seluruh dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement