Lawan Makedonia Utara, Austria Ingin Cetak Sejarah

Red: Bayu Hermawan

Pelatih Austria Franco Foda
Pelatih Austria Franco Foda Foto: EPA-EFE/LESZEK SZYMANSKI
Austria ingin cetak sejarah dengan meraih kemenangan perdana di ajang Euro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Austria akan menjalani laga pembuka di Grup C Euro 2020 menghadapi Makedonia Utara di Bukares, Rumania, Ahad (13/6). Austria berpeluang mencetak sejarah dengan meraih kemenangan perdana di ajang Euro.

Jelang laga, Austria lebih difavoritkan menang daripada Makedonia Utara. Pada laga ini, Austria bertekad meraih kemenangan perdana, setelah sebelumnya pada saat menjadi tuan rumah bersama Piala Eropa 2008 dan di Prancis pada 2016, gagal meraih satu pun kemenangan, karena hanya meraih hasil dua kali imbang dan empat kekalahan.

Baca Juga

"Kami memiliki atmosfer yang sangat bagus dan kami telah menunggu selama satu tahun untuk ini," kata pelatih timnas Austria Franco Foda di sesi jumpa pers virtual pralaga seperti dikutip Reuters, Sabtu.

"Saya tidak merasakan tekanan dan hal itu mengatakan kepada itm dan para pemain bahwa kami bisa membuat sejarah besok dan itu adalah tujuan kami," ujarnya menambahkan.

Setelah mendapatkan kemerdekaan dari bekas negara Yugoslavia pada 1991, Makedonia Utara belum pernah tampil di panggung utama sebelum kemenangan 1-0 atas Georgia di final playoff via National League mendorong mereka masuk ke turnamen.

"Kami tahu kekuatan lawan kami. Mereka cepat bertransisi dan memanfaatkan kesalahan. Kami harus fokus dalam bagaimana kami membangun permainan kami," kata Foda.

"Kami sangat ingin memenangi pertandingan itu, kemudian kami bisa lanjut dan menentukan tujuan yang lain," ucapnya menambahkan.

Akan tetapi, Foda mengatakan striker Marko Arnautovic, yang baru saja pulih dari cedera, belum bisa dipastikan akan bermain sejak awal atau diturunkan lebih larut. "Tergantung pelatih untuk menentukan," katanya setelah pemain depannya itu menyatakan dirinya fit.

"Dia berlatih hanya dua kali sebelum (pertandingan persahabatan) dengan Slovakia pekan lalu. Dia bermain 25 menit. Kita akan lihat," tutupnya.

Terkait


 Pelatih kepala Jerman Joachim Loew bereaksi selama pertandingan sepak bola babak penyisihan grup F UEFA EURO 2020 antara Portugal dan Jerman di Munich, Jerman, 19 Juni 2021.

Loew Senang Jerman Tunjukkan Mentalitas Hebat

Antoine Griezmann (kiri) dari Prancis merayakan golnya ke gawang Hungaria bersama rekan setimnya Ousmane Dembele dalam pertandingan Grup F Euro 2020.

Griezmann Nilai Faktor Penonton Buat Prancis Gagal Menang

Denzel Dumfries dinobatkan sebagai pemain terbaik atau star of the match laga Belanda vs Ukraina di Euro 2020.

Bek Belanda Ini Nyaman dengan Posisi yang Diberikan De Boer

Lorenzo Insigne (kiri) dan Gareth Bale akan beradu ketajaman saat Italia menghadapi Wales dalam laga terakhir Grup A Euro 2020.

Infografis Italia vs Wales: Laga Penentuan Juara Grup A

Aksi Robin Gosens dari Jerman di Euro 2020.

Gosens Hadirkan Senyum di Wajah Joachim Loew

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image