Nadi Christian Eriksen Sempat tak Berdenyut

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Indira Rezkisari

Pemain Denmark Christian Eriksen menerima perawatan medis setelah pingsan pada pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Denmark dan Finlandia di stadion Parken di Kopenhagen, Sabtu (12/6).
Pemain Denmark Christian Eriksen menerima perawatan medis setelah pingsan pada pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Denmark dan Finlandia di stadion Parken di Kopenhagen, Sabtu (12/6). Foto: ANTARA /Pool via REUTERS/Jonathan Nackstrand
Christian Eriksen diberikan CPR untuk mengembalikan napas dan nadinya.

REPUBLIKA.CO.ID, COPENHAGEN -- Dokter timnas sepakbola Denmark, Martin Boesen, mengungkapkan fakta yang membuat Christian Eriksen terjatuh tak sadarkan diri saat bertanding melawan Finlandia di babak penyisihan grup B Euro 2020, Sabtu (12/6) malam waktu Indonesia. Kini Eriksen masih menjalani perawatan di rumah sakit.

"Saya nyatakan dia sempat tak sadarkan diri. Ketika saya berada di sampingnya, dia masih bernapas, saya bisa rasakan denyut nadinya. Tapi, tiba-tiba (napas dan denyut nadi) hilang dan kami memberikan metode CPR," katanya seperti dilansir BBC Sport, Ahad (13/6).

Baca Juga

CPR atau Cardiopulmonary Resuscitation merupakan tindakan pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas tiba-tiba. Metode itu bertujuan membuka kembali saluran napas yang menyempit atau tertutup sama sekali dengan menggunakan teknik pemijatan dan penekanan pada bagian dada.

"Pertolongan tim medis datang sangat cepat dan bekerjasama. Kami melakukan yang harus dilakukan dan berhasil membuat Christian kembali sadar. Dia sempat berbicara dengan saya sebelum dibawa ke rumah sakit," ucapnya.

Kondisi Eriksen dikabarkan sudah berangsur pulih. Pemain Inter Milan itu diberitakan sudah bisa berbicara dengan rekan-rekan setimnya lewat sambungan video call.

Kejadian serupa pernah dialami oleh pemain Bolton Wanderers, Fabrice Muamba, pada 2012 lalu. Ia mengalami gangguan jantung dan kolaps di lapangan. Muamba pulih dari insiden tersebut, namun dirinya memutuskan pensiun dini dari sepakbola.

Terkait


Pelatih kepala Prancis Didier Deschamps

Lawan Hungaria, Prancis Incar Tiket ke Babak 16 Besar

Pelatih kepala Jerman Joachim Loew

Pelatih Jerman: Ronaldo Bukan Satu-satunya Ancaman Portugal

Logo EURO 2020 (ilustrasi)

Kasus Covid Melonjak, Moskow Tutup Zona Fans Euro 2020

Pelatih kepala Portugal Fernando Santos

Fernando Santos: Portugal Bukan Hanya Cristiano Ronaldo

Reaksi manajer Inggris Gareth Southgate pada pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Inggris dan Skotlandia di stadion Wembley di London, Sabtu (19/6) dini hari WIB.

Skotlandia Tahan Inggris, Southgate: Sungguh Buat Frustasi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image