Dokter Sebut Detak Jantung Eriksen Sempat Terhenti

Red: Indira Rezkisari

Paramedis menggunakan tandu untuk mengeluarkan Christian Eriksen dari lapangan setelah ia pingsan saat pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Denmark dan Finlandia di stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Sabtu (12/6).
Paramedis menggunakan tandu untuk mengeluarkan Christian Eriksen dari lapangan setelah ia pingsan saat pertandingan grup B kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Denmark dan Finlandia di stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, Sabtu (12/6). Foto: Friedemann Vogel/Pool via AP
Kondisi Christian Eriksen berangsur membaik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Detak jantung Christian Eriksen sempat berhenti setelah kolaps dalam laga pembuka Grup B Euro 2020 saat Denmark menjamu Finlandia di Stadion Parken, Kopenhagen, Sabtu (12/6) malam. Demikian ungkap dokter timnas Denmark Martin Boesen.

Pada menit ke-43 pertandingan, Eriksen tumbang di atas lapangan dan sempat mendapat tindakan resutasi jantung paru (CPR) dari petugas medis dengan memompa dada Eriksen. Adegan itu membuat para pemain Denmark tampak khawatir yang kemudian menular ke seisi Stadion Parken yang tribunnya terisi sekira 16 ribu suporter tuan rumah dan Finlandia.

Belakangan Eriksen dilarikan ke rumah sakit dan dinyatakan dalam keadaan sadar. Kondisinya juga berangsur stabil.

"Kami dipanggil memasuki lapangan ketika Christian terjatuh, saya tidak melihat secara langsung, tetapi jelas dia tidak sadarkan diri," kata Boesen, selepas laga, Ahad (13/6) dini hari WIB. "Ketika saya tiba di sana, ia terbaring menyamping, masih bernapas dan saya masih bisa melihat jantungnya berdetak, tetapi tiba-tiba semuanya berubah dan sebagaimana orang-orang lihat kami mulai melakukan tindakan CPR."

"Bantuan datang sangat-sangat cepat dari petugas medis serta staf lainnya, dan dengan kerja sama semua pihak kami bisa mengembalikan Christian," ujarnya melengkapi.

Pertandingan ditangguhkan hampir dua jam lamanya sebelum dilanjutkan dan Denmark menelan kekalahan 0-1 dari Finlandia akibat gol Joel Pohjanpalo serta kegagalan Pierre-Emile Hojbjerg mengonversi tendangan penalti.

Terkait


Pelatih kepala Prancis Didier Deschamps

Lawan Hungaria, Prancis Incar Tiket ke Babak 16 Besar

Pelatih kepala Jerman Joachim Loew

Pelatih Jerman: Ronaldo Bukan Satu-satunya Ancaman Portugal

Logo EURO 2020 (ilustrasi)

Kasus Covid Melonjak, Moskow Tutup Zona Fans Euro 2020

Pelatih kepala Portugal Fernando Santos

Fernando Santos: Portugal Bukan Hanya Cristiano Ronaldo

Reaksi manajer Inggris Gareth Southgate pada pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Inggris dan Skotlandia di stadion Wembley di London, Sabtu (19/6) dini hari WIB.

Skotlandia Tahan Inggris, Southgate: Sungguh Buat Frustasi

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image